Takmir Masjid dan Jamaah Terapkan Pyhsical Distancing Saat Sholat Jumat

oleh

KILASJATIM.COM, Pasuruan – Pemerintah Kabupaten Pasuruan berterima kasih kepada Takmir masjid dan jamaah yang melaksanakan Sholat Jumat dengan menerapkan Pyhsical Distancing.

Seperti yang terlihat pada Jumat (17/4/2020) siang, di mana dari pantauan di lapangan, seluruh Masjid Besar/Masjid Agung di semua kecamatan se-Kabupaten Pasuruan telah menerapkan protocol kesehatan selama pelaksanaan Sholat Jumat.

Salah satunya adalah Masjid Nurul Islam, Desa Capang, Kecamatan Purwodadi.  Sebelum memasuki area masjid, para jamaah diwajibkan mencuci tangan dengan sabun di wastafel yang disediakan di depan masjid. Setelah itu dilanjutkan dengan cek suhu tubuh. Apabila di atas 37,5 derajat celcius, maka jamaah dihimbau untuk tidak memasuki masjid, melainkan cukup mendengarkan khutbah dan sholat berjamaah di tempat tersendiri yang telah disediakan.

Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron pun ikut memperhatikan pelaksanaan physical distancing, sekaligus menjadi imam sholat jumat di masjid tersebut. Menurutnya, para takmir masjid sudah memahami tata cara penerapan protocol Kesehatan di dalam pelaksanaan ibadah di masjid.

“Tadi saya lihat penerapan protocol kesehatannya sudah bagus. Para takmir masjid sangat membantu jamaah yang akan melaksanakan Sholat Jumat. Dan jamaah juga sudah banyak yang memahaminya,” katanya.

Tak hanya saat akan memasuki masjid, Gus Mujib-sapaan akrab Wakil Bupati Pasuruan ini juga mengacungi jempol Langkah para Takmir Masjid yang telah mengatur shaf salat sesuai dengan aturan physical distancing maupun social distancing. Oleh karenanya, dirinya juga melaksanakan himbauan pemerintah dan ulama, dengan membaca khutbah dengan singkat, serta membaca surat pendek di dalam dua rokaat sholat jumat tersebut.

“Perlu sekali untuk menjaga jarak selama wabah masih berjangkit, serta wajib mengikuti perintah negara. Ini demi kebaikan bersama. Saya harap Langkah ini terus dilaksanakan sampai ada informasi baru yang disampaikan oleh Pemerintah,” tandasnya. (kj8)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *