Sustainability Report PJB Raih Prestasi Gold di ASRRAT 2021

oleh

Direktur SDM dan Administrasi PJB, Karyawan Aji yang menerima secara langsung Penghargaan ASRRAT 2021 pada hari Rabu (17/11) di Jakarta.

KILASJATIM.COM, Surabaya – PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) kembali memperoleh mendapatkan peringkat Gold dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021 yang diadakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR). Penghargaan yang diserahkan secara resmi dalam acara Pengumuman Penghargaan ASRRAT 2021 pada hari Rabu (17/11) di Jakarta.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan kedua kalinya berturut-turut setelah sebelumnya tahun 2020 PJB mendapatkan penghargaan serupa atas prestasinya menghadirkan laporan berkelanjutan yang baik.

Direktur SDM dan Administrasi PJB, Karyawan Aji yang menerima secara langsung penghargaan menyampaikan, ini tahun kedua berturut-turut PJB mendapatkan peringkat GOLD dalam Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT), setelah sebelumnya tahun 2020 juga menerima peringkat yang serupa (Gold).

“Perusahaan tidak wajib membuat SR, namun PJB ingin meningkatkan keterbukaan informasi kepada stakeholder melalui laporan keberlanjutan, dan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada stakeholder dalam hal menjaga sustainibility 3P (Profit, Planet, people) serta membangun kepercayaan stakeholder terhadap perusahaan”, jelas Karyawan Aji.

Sustainability Report (SR) adalah Laporan yang disusun oleh perusahaan untuk mengungkapkan kontribusi perusahaan baik positif ataupun negatif terhadap pembangunan berkelanjutan berdasarkan segi ekonomi, lingkungan dan dampak sosial.

Penyusunan SR mengacu pada GRI Indeks yang memuat berbagai aspek untuk dituangkan dalam isi laporan. Global Report Initiative (GRI) adalah sebuah organisasi standar internasional yang independen. GRI selain membantu para pebisnis juga membantu pemerintah dan organisasi lain untuk mengerti dan mengkomunikasikan dampak bisnisnya dalam isu-isu penting melalui Standar Pelaporan GRI.

Ajang penghargaan terhadap Sustainability Reporting ini telah digelar oleh NCSR sejak tahun 2005, dan telah mengalami beberapa kali perubahan nama dari sebelumnya Indonesia Sustainability Reporting Awards (ISRA), pada tahun 2013 berubah menjadi Sustainability Reporting Awards (SRA). Dan terakhir pada tahun 2018 memiliki nama baru Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) hingga sekarang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, sejak 2018 penghargaan bukan lagi berbentuk winner tetapi menjadi rating. Pesertanya juga bukan hanya dari Indonesia saja tapi meluas hingga kawasan Asia. (kj2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *