STIE Perbanas Surabaya Gelar Lomba Paskibra Tingkat SMP-SMA Se-Jawa Timur

oleh

KILASJATIM.COM, Surabaya –
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paskibra STIE Perbanas Surabaya menggelar Lomba Pasukan Baris Berbaris (PBB) dengan cara memadukan gerakan Formasi dan Variasi. Bertempat di Lapangan Kampus 1 Jl. Nginden Semolo 34-36 Surabaya, peserta lomba ini berasal dari siswa tingkat SMP dan SMA sederajat di wilayah Jawa Timur.

Kegiatan dilangsungkan pada Minggu (16/02/2020) diikuti sebanyak 39 peleton berkompetensi, yakni 17 peleton SMP dan 22 peleton SMA.

Ketua Pelaksana, Nur Utami Ningtyas, mengatakan Lomba Paskibra STIE Perbanas Competition (PASSION) senantiasa digelar setiap tahun. “Tahun ini merupakan tahun ketujuh untuk Lomba PASSION,” terang Tyas di sela acara.

Dengan mengusung tema “Menjadikan generasi muda aktif, kreatif, inovatif serta memiliki jiwa kepahlawanan, patriotisme, dan cinta tanah air,” maka penampilan setiap peleton dituntut agar mengobarkan semangat kepahlawanan. Selama 10 menit, masing-masing peleton harus menampilkan gerakan formasi dan variasi.

”Jadi, Danton (Komandan Peleton,-red) memberikan aba-aba dengan disisipi kata-kata atau kalimat yang menyulut semangat pasukannya,” tambahnya.

 

Nantinya, peserta akan memperebutkan Piala bergilir yang dipersembahkan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur, Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Piala STIE Perbanas Surabaya untuk setiap tingkat. Selain itu, penyelenggara juga memberikan Juara untuk kategori Juara Favorit, Best Danton, Best Costum, dan Best Suppoter.

Salah satu anggota peleton SARAGA (Satuan Pengibar Bendera Ganesha) SMA Negeri 1 Bojonegoro, Zahrotunnisha Mayliana terkesan acara yang diselenggarakan sangat meriah.

Gadis yang duduk di bangku kelas X ini pun mengaku perjuangan untuk lomba ini sangat luar biasa, pasalnya segenap timnya berangkat dari Bojonegoro pukul 01.00 WIB.

”Ini sudah yang kedua kali mengikuti lomba PASSION dari sekolah kami. Penampian kami tadi sudah cukup aman. Ke depan, kita akan tampil lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu, Reynada Ramadhani dari PABARASGA (Pasukan Pengibar Bendera SMA Negeri 3 Surabaya) mengaku acara PASSION ini sangat bagus.

”Lombanya meriah dan membuat saya bisa bertemu dengan teman-teman SMP. Harapannya, semoga Pabrasga bisa jadi juara,” harap Reynada usai tampil bersama peletonnya. (kj2)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *