SPILPRIME Terobosan Jitu PT SPIL Disaat Pandemi, Ciptakan Kepastian Bisnis dan Efisiensi di Sektor Logistik

oleh -118 Dilihat


Aktifitas pelayanan PT SPIL mulai dari space kapal, kedatangan truk, serta jaminan kontainer siap pakai dan prioritas layanan di depo. (kilasjatim.com/ist)

KILASJATIM.COM, Surabaya – Pandemi Covid 19 membuat perubahan diberbagai bidang. Perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada satu bidang saja, tetapi semua lini, selain bisnis, perdagangan, UKM, property, angkutan darat, laut dan banyak sektor lainnya. Banyak perusahaan yang melirik dan melakukan terobosan baru dengan memanfaatkan tehnologi internet agar usahanya tetap jalan. Digitalisasi dan efisiensi dalam bisnis logistik termasuk salah satu layanan yang harus terus berproses mengikuti perkembangan sesuai harapan konsumen .

Tak terkecuali perubahan itu juga dilakukan perusahaan pelayaran peti kemas PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) dengan layanan digital MySpil . Aplikasi mySPIL adalah platform e-commerce yang dirancang khusus oleh SPIL untuk memberikan layanan online yang sederhana dan ramah bagi pelanggan. Perkembangan terbaru menambahkan fitur layanan dengan SPILPRIME. Tujuannya sudah jelas, memudahkan konsumen mendapatkan kepastian yang terkait dengan pelayanan mulai dari space kapal, kedatangan truk, serta jaminan kontainer siap pakai dan prioritas layanan di depo.

Joshua Jimmy Kai, Marketing Manager PT SPIL mengatakan layanan digital diluncurkan pertengahan 2019 dan secara agresif dengan menambah fitur baru digeber pada November 2021.

” Aplikasi kami ini sangat bermanfaat bagi konsumen yang sekaligus akan banyak mendapatkan keuntungan, seperti hemat tenaga, waktu dan relatif cepat mendapatkan info mengenai layanan kami,” ujar Joshua melalui virtual Selasa (9/11/2021).

Selain memberikan jaminan pada beberapa fitur layanan, SPILPRIME juga memberikan jaminan berupa money back guarantee dan penalti berupa potongan biaya jika SPIL tidak dapat memenuhi komitmen dari apa yang dijanjikan Penambahan fitur baru ini bersamaan dengan semakin meningkatnya konsumen atau pelanggan SPIL yang terus mengalami peningkatan.

Menurut Joshua, layanan SPILPRIME sejak diperkenalkan kepada konsumen telah mendapatkan respon positif dari pelaku bisnis seiring semakin tingginya volume pengiriman barang.

Respon positif juga berdatangan karena digitalisasi ekonomi dan perkembangan bisnis e-commerce memicu terjadinya kenaikan volume pengiriman barang melalui laut, di mana komoditas bahan pokok dan bahan baku industri masih memegang peran utama dalam bisnis kargo domestik.

“Respon yang positif dari pelanggan yang menggunakan layanan SPILPRIME menjadikan kami optimis apa yang kami lakukan ini akan mendukung terciptanya kepastian bisnis dan efisiensi di sektor logistik Indonesia, khususnya melalui angkutan laut,” kata Joshua.

Dengan SPILPRIME pihaknya memberikan kepastian ketersediaan container yang dibutuhkan customer dan siap pakai (ready to use container) untuk mengangkut kargonya. Grade container yang diberikan sesuai dengan komoditas. Dan di sisi lain, memberikan prioritas pengambilan kargo (trucking pick up priority) mengingat pengusaha butuh kepastian bahwa barang yang akan dikirim ke rekan bisnisnya dijamin akan terkirim dengan baik.

Demikian pula mengenai kedatangan truk maksimal 12 jam sejak booking disetujui. Hanya saja mengingat jarak tempuh, saat ini untuk sementara jaminan trucking pickup diperuntukkan
d wilayah Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan jarak tempuh maksimal berjarak 40 KM dari lokasi Depo SPIL Prime.

“SPILPRIME juga memberikan tersedianya space container di kapal (space guarantee) dan pelayanan prioritas di depo container (priority service at depot). Pastinya untuk  space di kapal sudah  available dan berlaku hingga 365 hari termasuk saat peak season. Customer juga mendapatkan pelayanan prioritas di depo maksimal 30 menit pengambilan empty container untuk stuffing dalam dan luar di depo,” papar Joshua.

Dengan jaminan kepastian pelayanan tersebut, SPIL Prime membuat customer tidak perlu ada keraguan lagi (worry free). Keseriusan tersebut juga dibuktikan adanya jaminan asuransi MAG untuk container yang nilainya hingga Rp 100 juta dengan proses klaim lebih cepat, maksimal 7 hari.

SPILPRIME tak hanya memberi jaminan space di kapal, tapi juga menjamin kedatangan tepat waktu, bisa memantau progres pengangkutan, jaminan kontainer siap pakai, serta mendapatkan prioritas layanan di depo. Dalam hal ini konsumen akan sangat terbantu untuk mendapatkan space kapal dengan jenis kapal yang inginkan.

Seiring dengan melandainya angka pasien Covid 19, dan sinyal pemulihan ekonomi terus menguat, bisa dipastikan volume pengiriman barang antardaerah dan antarpulau di sejumlah pelabuhan utama ikut mengalam peningkatan.Tak terkecuali, volume pengiriman barang melalui angkutan laut pun mengalami peningkatan yang signifikan.

“Angkutan laut masih akan menjadi sarana pengiriman barang yang paling kompetitif karena karakter Indonesia sebagai negara kepulauan. Itu sebabnya SPIL terus melakukan sejumlah terobosan agar kepentingan pelanggan dan pelaku bisnis dapat terpenuhi,” kata Kusuma Soetemo, Commercial Director SPIL.

Langkah tepat dengan momentum yang pas SPIL melakukan strategi dengan terobosan yang mendukung terciptanya kepastian pengiriman barang, SPIL berinisiatif merilis layanan terbaru yakni SPILPRIME sebagai pilihan utama dalam sektor logistik.

SPILPRIME adalah salah satu dari sekian layanan MySpil, sebuah platform layanan digital yang dikembangkan secara internal.

“Platform layanan digital MySpil ini adalah aplikasi pertama mobile app yang dikembangkan PT SPIL dan diluncurkan sejak Tahun 2017 lalu. Platform ini adalah yang pertama di Indonesia, dan hadir disaat pandemi. Sementara untuk platform MySpil yang sudah hadir sebelum pandemi Covid-19 dengan lebih banyak pilihan,” jelas Joshua.

SPILPRIME mengusung tagline ‘Solusi pengiriman kargo yang memberikan kepastian dan rasa tenang’. Artinya, konsumen yang butuh layanan logistik dengan jaminan kepastian, rasa tenang dan efisiensi plus money back guarantee ya SPILPRIME ini  dan yang pertama di Indonesia.

Situasi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih para pebisnis membutuhkan kepastian dari mitra bisnisnya. Misalnya, saat ini kelangkaan container menjadi isu global yang menghantui semua pebisnis. Karena sulitnya mendapatkan container untuk mengirimkan kargo-nya.

“Dengan SPIL Prime kami berani memberikan kepastian ketersediaan container yang dibutuhkancustomer dan siap pakai (ready to use container) untuk mengangkut kargonya. Grade container akan kami berikan sesuai dengan komoditas yang dimuat,” tambahnya.

Diakui Joshua, jika Layanan SPRILPRIME bertarif agak sedikit lebih mahal dari layanan yang sudah ada di MySpil. Namun jaminan layanan yang diberikan sudah pasti sangat baik. Namun pihaknya akan memberikan money back guarantee pada customer jika ada salah satu dari 5 pelayanan yang dijanjikan dan tidak terpenuhi maka uangnya akan dikembalikan. Pihaknya akan memberikan ganti rugi Rp 200.000 per container 20 feet dan Rp 400.000 untuk container 40 feet.

Hal ini juga berbalik kepada ketenangan dan kepuasan konsumen dalam hal bisnis pengiriman kargo yang saling menguntungkan. Artinya, SPILPRIME merupakan layanan MySpil yang dikembangkan dengan inovasi yang saling menguntungkan, antara pihak PT SPIL dan pelanggannya. Saling untung ke dua belah pihak.

Sebagaimana diketahui, ⁹SPIL merupakan salah satu perusahaan pelayaran nasional di Indonesia, dan melayani lebih dari 38 pelabuhan tujuan, dengan armada kapal SPIL berkapasitas besar dan didukung sumber daya serta digitalisasi yang membuat proses pengiriman jauh lebih mudah dan cepat.

Sedangkan sampai semester I 2021, pelabuhan-pelabuhan utama yang berada di dua BUMN Pelabuhan, yaitu PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I dan Pelindo III mencatat  arus peti kemas domestik sebanyak 1,97 juta terus, meningkat double digit dibanding tahun 2020.
.
Seiring dengan penambahan fitur baru ini menunjukkan peningkatan dibarengi dengan semakin meningkatnya konsumen atau pelanggan SPIL.
Joshua berkeyakinan terobosan layanan SPIL Prime akan mendapat respons bagus dari customer. Pasalnya, layanan yang satu ini sangat berbeda dengan layanan regular yang selama ini dilakukan. Layanan SPIL Prime bersifat prioritas sehingga konsumen dijamin akan mendapatkan kepastian pelayanan dari SPIL.

Dijelaskan Joshua, saat awal diluncurkan pada pertengahan tahun 2019 lalu, konsumen yang memanfaatkan langsung mencapai 76 persen. Tercatat dalam waktu dua bulan sejak diluncurkan, ada sekitar 2000 pengiriman yang menggunakan layanan SPILPRIME .

“Ternyata responnya sangat positif. Tercatat sampai dengan September 2021 pengguna layanan aplikasi ini meningkat pesat hingga 92 persen,” urai Joshua seraya menambahkan pencapaian pada Oktober lalu naik lagi 93 persen. Targetnya hingga akhir tahun bisa meningkat hingga 94 persen.

Diakui Joshua, konsumen SPIL masih ada yang melakukan transaksi secara manual artinya masih ada yang belum bisa memanfaatkan digital ini.

” Namun kami optimis tahun 2022 mendatang akan bisa meningkat hingga 100 persen. Hingga saat ini saja sudah ada 2.000 kontainer yang ter-booking oleh customer. Hampir semua konsumen memanfaatkan layanan digital dan tentu saja kami harus terus mengupdate meningkatkan fitur baru seperti SPIL Prime ini,” pungkas Joshua. (Nova)

No More Posts Available.

No more pages to load.