SKK Migas – KKKS Tawarkan Puluhan Posisi Kerja Bagi Fresh Graduate

oleh -494 Dilihat

Nur Wahidi, Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa saat menjadi pembicara di Bursa Karir ITS -40

KILASJATIM.COM, Surabaya – SKK Migas bersama KKKS gelar program Rekrutmen Bersama. Program ini dilakukan untuk memfasilitasi SKK Migas dan KKKS dalam melakukan rekrutmen untuk mengisi posisi kunci pada formasi organisasi tahun 2023. Pemenuhan posisi ini merupakan bagian dari realisasi Work Program and Budget tahun 2023, yaitu pengisian posisi jabatan pada tingkatan fresh graduates dan experienced.

Peluncuran Resmi Program Rekrutmen Bersama diadakan bersamaan dengan kegiatan Bursa Karir Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ke-40 yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Maret 2023. Pelamar dapat melihat Posisi-posisi yang dibuka pada Platform rekrutmen setelah pelaksanaan launching di tanggal 15 Maret 2023 pukul 15.00 WIB.

Menurut Ronnie Kurniawan, Senior Manager PSC Human Resource Managemet SKK Migas, rekrutmen fresh graduate secara massif seperti ini terakhir dilakukan pada tahun 2015 lalu.

” Dengan adanya target pencapaian rencana strategis (Renstra) Indonesia Oil and Gas 4.0 yang menargetkan pencapaian 1 Million Barrel Oil Per Day dan 12 Billion Standard Cubic Feet Per Day di tahun 2030, membuat SKK Migas dan KKKS harus segera mengisi posisi-posisi kunci yang memang sangat dibutuhkan untuk kelancaran operasional di SKK Migas maupun di KKKS,” ujarnya.

Rekrutmen Bersama SKK Migas dan KKKS saat ini khusus untuk fresh graduate dengan menyediakan kurang lebih 69 posisi yang membutuhkan berbagai disiplin keilmuan. Selanjutnya program ini akan menyasar experienced hire dengan kebutuhan yang lebih banyak lagi, ucap Ronnie usai melaunching program Rekrutmen Bersama yang dilaunching disela acara Bursa Karir ITS-40, Selasa (15/3/2023).

Selain Ronnie, hadir pula Nurwahidi, Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa yang menjadi pembicara dalam acara “Expert Goes to Campus” yang digelar disela Bursa Karir ITS-40. Dalam paparannya, Nurwahidi menyampaikan pengenalan mengenai industri hulu migas secara umum; potensi karir di hulu migas dan tantangan yang dihadapi untuk dapat survive di industri ini.

Baca Juga :  Bank Mandiri Dukung Komitmen Keberlanjutan Indika Energy

”Kedepan dengan adanya net zero emission maka porsi fosil akan berkurang dan akan digantikan. Tetapi Migas tidak akan hilang. Sebab produk turunan yang membutuhkan energi fossil ini tak hanya bensin saja tetapi juga pencampur bahan plastik, micro chemical, sepatu hingga tas. Memang di tahun 2050 akan terjadi penurunan konsumsi tetapi kebutuhannya tetap naik yang diprediksikan naik hingga 139 persen,” jelasnya.

Lalu apa enaknya kerja di industry Migas? Nurwahidi mengaku mahasiswa yang tertarik bekerja bisa mendapatkan benefit: seperti

1. Berkesempatan berkarir di global
2. Sustainability dalam pengembangan karir.
3. Kesempatan untuk mengembangkan diri cukup besar

Selain pelaksanaan kegiatan “Expert Goes to Campus” dan launching program Rekrutmen Bersama, SKK Migas dan KKKS juga berpartisipasi dalam Stand Industri menempati booth C7, Gedung Robotika, Kampus ITS Sukolilo, Jl. Raya ITS Surabaya. Selain memberikan banyak souvenir dan hadiah menarik, Stand ini juga diisi dengan pemberian informasi-informasi yang sangat berguna bagi para lulusan baru seperti tips & trick membuat CV, interview Tips, Facts vs Myths: perception on Psycho test dan ada juga Q&A mengenai Oil & Gas dan pengenalan perusahaan2 yang berpartisipasi.

Informasi mengenai program ini dirilis melalui website resmi Rekrutmen Bersama SKK Migas – KKKS yang bisa diakses melalui website SKK Migas. Bagi Pelamar yang akan mengikuti program ini, dapat mengikuti informasinya melalui social media resmi SKK Migas yaitu website SKK Migas dan Instagram SKK Migas di @humasskkmigas.

Aplikasi lamaran hanya diproses melalui platform online ini. Pelamar tidak perlu mengirimkan aplikasi lamaran selain melalui platform ini maupun mengirimkankannya secara fisik/hard copy. Mengingat rekrutmen bersama ini akan dilakukan oleh beberapa instansi, maka tahapan proses seleksi akan berbeda-beda tergantung pada kebijakan masing-masing instansi.

Baca Juga :  AKR Gem City di Jiipe Gresik, Prospek Bisnis Kota Mandiri dan Investasi Bertaraf Internasional

Bagi pelamar yang lolos dalam tahap seleksi, akan dihubungi oleh instansi yang bersangkutan sesuai data yang telah diberikan oleh Pelamar. Seluruh hasil proses seleksi bersifat mutlak dan menjadi kebijakan dari masing-masing instansi.

“Pesan saya kepada lulusan ITS, harus siap bekerja dan terjun langsung ke lapangan. Dan kami juga akan membuka riset Migas di ITS ini. Dimana mahasiswa tak hanya dapat pengetahuan tentang migas tetapi juga bisa melakukan riset Migas,” tutur Nur Wahidi yang juga alumni ITS sendiri.

Sementara itu Wisnu Prasedyoko, Manager HRD Husky CNOOC Madura Limited (HCML), mendukung penuh program Rekrutmen Bersama SKK Migas dan KKKS ini sebab HCML sendiri membutuhkan tenaga kerja muda yang kreatif yang memiliki semangat membara dan dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

“Dari 69 posisi yang ditawarkan HCML pun ikut ambil bagian dan lowongan kerja ini akan ditutup pada 31 Maret mendatang,” tandas Wisnu.

Masyarakat dihimbau agar berhati-hati dan mewaspadai adanya modus penipuan seleksi penerimaan pekerja di industri hulu minyak dan gas bumi yang dilakukan oleh oknum/pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan SKK Migas dan/atau salah satu KKKS yang tergabung dalam program Rekrutmen Bersama tahun 2023 ini.

SKK Migas, KKKS, maupun konsultan rekrutmen yang ditunjuk, tidak pernah memungut uang dan tidak pernah menunjuk biro perjalanan / travel agent tertentu untuk melakukan pemesanan ataupun menerima pembayaran dalam bentuk apapun untuk transportasi darat/laut/udara atau untuk hal-hal lainnya dalam proses rekrutmen. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.