Sidoarjo Miliki Wisata Kuliner Resto Apung Seba Sajikan Menu Serba Ikan Asap

oleh

Wiko Migantoro Direktur Utama 
Pertagas (tengah) bersama jajaran direksi Pertagas dan Lurah Penatar Sewu (Batik) saat soft launching Resto Apung Seba Senin (20/06/2019)

 

SIDOARJO, kilasjatim.com: Warga Sidoarjo khususnya yang berada di wilayah Desa Penatar Sewu Tanggulangin berbangga diri. Seiring dengan berdiri dan dioperasikan Resto Apung Seba di Kampung lkan Asap binaan PT Pertamina Gas (Pertagas) membawa berkah bagi warga sekitar.

Jujugan baru bagi penikmat kuliner bisa merujuk dengan datang ke lokasi Resto Apung Seba. Meski untuk menuju resto tersebut cukup jauh dari jalan raya, namun rasa tersebut akan tertebus dengan nikmatnya hidangan aneka ikan di resto apung ini.

Wiko Migantoro Direktur Utama
Pertagas mengatakan, adanya resto di tengah areal pertambakan di daerah Penatar Sewu ini sebagai wujud salahsatu kelanjutan program Corporate Social Responsibility (CSR)
unggulan di wilayah operasi perusahaan di Jawa Timur. Pembangunan resto sebagai salah satu kelanjutan program yang dibangun sejak pertengahan tahun 2018, bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan ini pembangunan Resto Apung Seba telah rampung dan siap menyajikan kuliner khas Sidoarjo.

Resto Apung Seba dikelola oleh Kelompok Usaha Resto Apung Seba milik Badan Usaha Milik Desa Penatarsewu. Sebelumnya Desa Penatarsewu telah terkenal sebagai desa penghasil ikan asap. Selama ini warga menjual hasil ikan asap ke pasar atau tengkulak. Kehadiran Resto Apung Seba akan memben‘kan wadah bagi warga penghasil ikan asap untuk langsung menjual produknya.

Yang menggembirakan, resto ini dikelola sendiri oleh warga setempat. Mulai dari manajemen hingga perekrutan chef dan petugas lainnya merupakan warga setempat.
Selama Ramadhan, omset puluhan juta dihasilkan oleh pengelola.

“Alhamdulillah respon konsumen bagus. lni sekaligus menandakan bahwa kelompok pengelola Resto Apung Seba memiliki komitmen kuat untuk maju,” ujar Wiko Migantoro Direktur Utama Pertagas pada peresmian Resto Apung Seba, Senin (20/5). s

Ditambahkan, sejak soft launching di 29 April 2019 omset Resto telah mencapai Rp 26 juta.

Sementara itu, Choliq Lurah Penatar sewu mengaku bangga dengan pencapaian warga yang mendapat kepercayaan Pertagas mengelola resto apung tersebut.

“Sejak soft launching resto sudah sebanyak 44 KG ikan asap yg dikirim ke Resto Apung Seba,” ujar Choliq ditemui di acara peresmian

Dibangun sejak pertengahan tahun 2018, bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan ini pembangunan Resto Apung Seba telah rampung dan siap menyajikan kuliner khas Sidoarjo. Resto Apung Seba dikelola oleh Kelompok Usaha Resto Apung Seba milik Badan Usaha Milik Desa Penatarsewu.

Sebelumnya Desa Penatarsewu telah terkenal sebagai desa penghasil ikan asap. Selama ini warga menjual hasil ikan asap ke pasar atau tengkulak. Kehadiran Resto Apung Seba akan memben‘kan wadah bagi warga penghasil ikan asap untuk langsung menjual produknya.

Saat ini sebanyak 10% dan‘ total populasi warga usia produktif di Desa Penatatsewu yang tedibat aktif di program CSR Kampung lkan Asap. Pertagas berharap, kinerja Resto Apung Seba bisa semakin berkembang ke depan.

“Kami optimis kehadiran program CSR Pertagas mampu mambawa multiplier efek bagi kelompok masyarakat Iainnya,” lanjut Wiko.

Usaha bersama Pertagas dan warga Desa Penatarsewu diharapkan dapat mendorong kemandin‘an ekonomi masyarakat, yang nantinya akan berdampak langsung kepada peningkatan perekonomian Desa Penatarsewu. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *