SGN PG Semboro Target Giling Tebu 2024 Sebesar 793 ribu Ton

oleh -214 Dilihat

Petik tebu manten PG Semboro menandai dimulainya giling tebu di tahun 2024. (Ist/dok)

KILASJATIM.COM, Jember – SGN PG Semboro  mentargetkan menggiling tebu sejumlah 793ribu ton di musim giling tahun 2024 ini, hal ini disampaikan Agus Budi Juwono General Manager PG Semboro dalam selamatan buka giling Rabu (29/05) di Jember.

“Steam test telah dilakukan, peralatan sudah diuji dan dinyatakan sudah siap giling. Kami mulai giling tanggal 3 Juni, dengan target giling tebu sebesar 793 ribu ton dan produksi gula konsumsi 56ribu ton,” terang Agus Budi Juwono

Pihaknya menyebut target tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2023 capaian PG Semboro sebesar 43ribu ton gula konsumsi dan menggiling 625ribu ton tebu. Meski dampak elnino pada tebu masih dirasakan hingga saat ini, pihaknya optimis target tersebut dapat dicapai.

“Efek elnino masih terasa pada tebu, tetapi kami optimis tercapai. Salah satunya dengan bertambahnya luasan kebun kurang lebih hingga dua ribu hektar”, lanjutnya.

Sementara itu Dodik Ristiawan Direktur Operasional SGN mengatakan, hingga saat ini delapan pabrik gula SGN sudah memulai giling untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi masyarakat, yakni PG Kwala Madu Sumatera Utara, PG Rendeng dan PG Mojo di Jawa Tengah, PG Ngadiredjo, Gempolkrep, Assembagus, Pradjekandan Poerwodadie di Jawa Timur, dan dalam waktu dekat akan bertambah jumlahnya.

“Hingga saat ini delapan pabrik gula SGN telah giling, sebagai informasi pagi ini PG Poerwodadie juga baru memulai giling dan akan disusul pabrik gula lainnya, untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi masyarakat. Komitmen kami jelas untuk tercapainya ketahanan pangan yakni swasembada gula” jelas Dodik.

Baca Juga :  Bankjatim Masuk Jajaran ASEAN Asset Class PLCs, Konsisten Terapkan GOC

Dodik menegaskan meski fokus utama pada pencapaian swasembada gula nasional, unit kerja pabrik gula juga memberikan kontribusi pada daerah masing-masing, diantaranya stimulasi perekonomian masyarakat, serapan tenaga kerja hingga menyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Tahun ini SGN target giling tebu 13,5 juta ton dan produksi tahun 2024 sebesar total 992 ribu ton gula kristal putih. Selain pemenuhan kebutuhan gula konsumsi, SGN memberikan kontribusi sebagai stimulan ekonomi, menyerap tenaga kerja hingga menyumbang PAD di masing-masing daerah kerja”, ungkapnya lebih lanjut.

Sementara itu Achmad Sutrisno ketua APTRI PG Semboro memberikan dukungan dan berharap suksesnya giling PG Semboro.

“Harapan kami, giling bisa berjalan dengan lancar. Untuk para petani Ayo kirim tebu yang bagus, MBS (manis bersih segar)  ke PG Semboro sehingga rendemennya bisa tinggi”,  kata Achmad Sutrisno.

Kegiatan selamatan buka giling tersebut dihadiri oleh Direktur Operasional, VP Teknik Pengolahan beserta jajaran, manajemen dan karyawan PG Semboro, Nana Fadjar Pridjantoro Ketua Badan Koordinasi Wilayah dan Pembangunan Jember (Bakorwil V Jember), H. Arum Sabil Ketua Dewan Pembina APTRI, Jajaran Muspika dan Kepala Desa Semboro serta undangan.

Jajaran Manajemen SGN Berubah

Sebagai informasi per tanggal 8 Mei 2024, pemegang saham SGN mengalihkan penugasan Aris Toharisman semula sebagai Direktur Utama menjadi Direktur Hubungan Kelembagaan dan Manajemen Risiko, dan mengangkat Mahmudi sebagai Direktur utama, Dodik Ristiawan sebagai   Direktur Operasional, Hariyanto sebagai Direktur Keuangan dan Affan Safiq sebagai Direktur SDM dan Teknologi Informasi.

Sedangkan jajaran dewan komisaris pemegang saham mengangkat Amri Siregar sebagai Komisaris Utama, Bagas Angkasa sebagai Komisaris, Arif Afandi sebagai Komisaris Independen dan Priyastomo sebagai Komisaris Independen. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.