Sebentar Lagi Puasa, Ini Niat Puasa Ramadan

oleh -706 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Membaca niat suatu ibadah merupakan hal yang dianjurkan, karena niat ini sebagai pembeda antar ibadah stau dengan yang lainnya.

Niat merupakan ikrar yang ikhlas tanpa paksaan dengan penuh kesadaran setiap individu dalam melaksanakan suatu ibadah, termasuk dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Niat merupakan syarat sahnya puasa dan termasuk dalam rukun puasa.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini, “Sesungguhnya semua perbuatan ibadah harus dengan niat, dan setiap orang tergantung kepada niatnya,” (HR. Al-Bukhari).

Ada beberapa pendapat ulama terkait dengan niat puasa ini, apakah boleh diucapkan satu kali dengan tujuan untuk satu bulan puasa, ataukah harus setiap hari diucapkan.

Jika kita rata-rata adalah pengikut mazhab Imam Syafii, maka niat puasa setiap malam selama bulan Ramadan itu wajib. Akan tetapi, menurut pendapat mazhab Imam Malik, kita boleh niat puasa Ramadan untuk sebulan penuh pada malam pertama Bulan Ramadan.

Kita boleh mengikuti pendapat ini untuk mengantisipasi apabila kita lupa niat atau terlewat karena tidur. Namun demikian, kita juga tetap harus niat setiap malam Ramadan, biasanya habis salat Tarawih.

Hal ini sebagaimana dianjurkan oleh KH Ahmad Idris Marzuki, Pengasuh Pesantren Lirboyo, Jawa Timur. Mengenai niat puasa Ramadan sebulan penuh, berikut lafalnya.

 نويت صوم جميع شهر رمضان هذه السنة تقليدا لإمام مالك فرضا لله تعالى

Nawaitu shauma jami’i shahri ramadhan hadzihis sanah taqlidan fardhan lillahi ta’ala.

Niat saya puasa sebulan penuh pada bulan Ramadan tahun ini mengikuti pendapat Imam Malik untuk memenuhi kewajiban karena Allah SWT. (bbs/fiq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Program Kurikulum Pendidikan Ritel Alfamart Class Serap 338 Tenaga Kerja

No More Posts Available.

No more pages to load.