Satpol PP Ponorogo Patroli dan Sweeping Pelajar Yang Masih Berseliweran

oleh -2.310 views
Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ponorogo saat melakukan patroli dan sweeping ke beberapa warung.

KILASJATIM.COM, Ponorogo – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ponorogo mulai melakukan patroli dan sweeping ke beberapa warung, tempat nongkrong, dan pusat perbelanjaan yang sering dikunjungi para pelajar. Hal ini sesuai instruksi Bupati Ponorogo No. 01 tahun 2020 tentang Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 yang salah satu adalah meliburkan seluruh sekolah pada 17-30 Maret 2020 dan pelajar wajib belajar di rumah.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pomong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Ponorogo, Suko Kartono mengatakan, para petugas tersebut memastikan bahwa para pelajar di Ponorogo tidak berseliweran alias keluar rumah dan menyelesaikan tugas yang sudah diberikan oleh sekolah. Langkah  ini menjadi upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kabupaten Ponorogo.

“Hari ini kita sudah mulai menyasar warung-warung yang biasanya dibuat nongkrong pelajar di wilayah perkotaan. Kita juga berikan sosialisasi untuk tidak keluar rumah, kerumunan massa dan keramaian, dan edukasi terkait covid-19 (Corona Virus Disease 2019). Tindakan kami persuasif, teguran saja,” ungkapnya, Selasa (17/3/2020).

Suko Kartono, Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ponorogo.

Suko juga menjelaskan, selain personel yang sweeping, pihaknya juga menempatkan personel di beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Kabupaten Ponorogo. Ini untuk meyakinkan seluruh pihak bahwa para pelajar tidak memanfaatkan waktu liburnya untuk berkerumun di tempat ramai.

“Ini sudah kesepakatan kita bersama waktu rapat kemarin. Dan saat upacara Korpri tadi (Selasa pagi) kita (Dinas Satpol PP) diberi tugas untuk melakukan sweeping,” jelasnya.

Untuk wilayah yang jauh dari kota, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan kecamatan karena di tiap kecamatan ada Kasi Trantib. Merekalah yang nantinya bisa melakukan tugas patroli dan sweeping yang sudah diperintahkan bupati.

BACA JUGA: Dana Rp 4,11 M Digelontorkan Pemkab Ponorogo Demi Bantu Warga Kurang Mampu

“Kita buat surat ke kecamatan untuk melakukan pengawasan pelajar di wilayahnya dengan mengerahkan Kasi Trantib mengingat personel kita sangat terbatas,” urainya.

Suko berharap dengan adanya sweeping pelajar ini nantinya pelajar di Ponorogo bisa menghindari tempat keramaian atau kerumunan massa untuk bisa memotong penyebaran Covid-19. (kominfo/kj25)

No More Posts Available.

No more pages to load.