Riset IPSOS: Shopee Unggul dalam Kepuasan Konsumen E-Commerce di Indonesia

oleh -872 Dilihat

KILASJATIM.COM, Jakarta – Menyongsong awal tahun 2024, dinamika pasar digital terus bergerak mengikuti perkembangan kebutuhan dan preferensi masyarakat. Dalam konteks ini, IPSOS telah meluncurkan riset bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce”. Riset ini bertujuan untuk mengungkap aspek-aspek yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam menikmati pengalaman belanja online yang menyeluruh.

Melibatkan responden yang aktif berbelanja online melalui berbagai platform e-commerce di Indonesia, riset ini dilakukan menggunakan metode Online Panel. Hasil riset menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan pengalaman berbelanja yang memuaskan dan mendapatkan tingkat kepuasan tertinggi dari konsumen. Tingkat kepuasan yang tinggi ini juga memengaruhi tingkat rekomendasi, dengan Shopee menjadi pilihan utama yang direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat mereka.

Menurut data, Shopee dipilih oleh 62% responden sebagai platform yang paling layak untuk direkomendasikan. Angka ini diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%). Temuan ini memperkuat posisi Shopee sebagai e-commerce yang paling unggul dalam memberikan pengalaman belanja yang memuaskan di Indonesia.

Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia, menjelaskan bahwa sejak kemunculan platform e-commerce di masyarakat, kecenderungan untuk berbelanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang. “Dengan meningkatnya popularitas belanja online, platform e-commerce harus terus berinovasi untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam,” ungkap Andi Sukma dalam sesi konferensi pers virtual pada Kamis (20/6/2024).

Andi Sukma juga menambahkan bahwa kepuasan konsumen menjadi faktor utama yang menarik konsumen untuk memilih sebuah platform e-commerce. Aspek yang mempengaruhi kepuasan tersebut meliputi ragam metode pembayaran, opsi pembayaran COD, ketersediaan toko resmi yang beragam, pilihan barang dengan harga termurah, ragam layanan pengiriman, kecepatan pengiriman, dan estimasi waktu pengiriman. Selain itu, adanya layanan Paylater, kompensasi keterlambatan pengiriman, proses pengembalian barang, serta batas waktu pengajuan pengembalian barang juga turut menjadi pertimbangan penting bagi konsumen.

Baca Juga :  UUS Bank Jatim Dukung Penguatan Pasar Uang Antarbank Syariah

Hasil riset IPSOS menunjukkan bahwa Shopee mengungguli semua aspek yang dicari konsumen saat berbelanja online. Dalam hal metode pembayaran, 64% responden menyatakan Shopee sebagai platform dengan pilihan metode pembayaran paling beragam. Angka ini diikuti oleh Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%).

Metode pembayaran Cash on Delivery (COD) juga menjadi favorit konsumen, dengan Shopee mendominasi 66% penggunaan COD, diikuti oleh Tokopedia dan Lazada masing-masing sebesar 12%, serta TikTok Shop 10%.

Shopee juga unggul dalam ketersediaan toko resmi yang beragam, dengan persentase 68%, dibandingkan dengan Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%). Kelengkapan produk dan harga termurah juga menjadi keunggulan Shopee, dengan 64% responden memilih Shopee sebagai platform dengan harga termurah. Shopee juga dikenal luas melalui program khusus Garansi Harga Termurah (GHT), yang diketahui oleh 74% responden. Program ini sering dimanfaatkan oleh 88% responden saat berbelanja online.

Ragam pilihan layanan pengiriman juga menjadi aspek penting, dengan Shopee dipilih oleh 66% responden sebagai e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, diikuti oleh Tokopedia (16%). (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.