Ribbon of Hope Ajak Masyarakat Peduli Kanker Payudara

oleh -233 Dilihat

KILASJATIM.COM, SURABAYA – Ribbon of Hope adalah tema yang dipilih mahasiswa Petra Christian University (PCU) khususnya mahasiswa Communication Science berkampanye mengajak masyarakat untuk peduli dengan Kanker Payudara. Kegiatan kampanye tersebut diwarnai dengan lomba menghias manequin untuk sarana edukasi tentang #sadari.

Kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker payudara, juga untuk mendorong deteksi dini, dan sekaligus menvetahui bagaimana cara mencegah penyakit ini. Dan salah satu kegiatannya adalah lomba Mannequin Decoration.

Dari sekitar 60 peserta yang terbagi menjadi 20 kelompok ikut memeriahkan lomba. “Ini jadi wadah kreativitas bagi masyarakat, khususnya di Kota Surabaya. Manekin yang dihias itu akan menjadi sarana untuk edukasi tentang kampanye #sadari (Periksa Payudara Sendiri),” terang Preysella Anggreani Parinding Gala, Ketua Acara.

Berdurasi selama sekurangnya 4 jam, kreativitas para peserta terlihat dari berbagai kreasi manekin yang indah dan inspiratif. Membawa pesan tentang pentingnya deteksi dini, dan dukungan bagi para penyintas kanker payudara, lautan warna pink yang identik dengan kampanye ini memenuhi lokasi kegiatan, mencerminkan semangat para peserta dan partisipan untuk melawan kanker payudara.

Ribbon atau pita berwarna pink merupakan simbol dari kanker payudara, sedangkan hope adalah harapan. “Bukan pita yang membawa kesedihan, tapi pita yang membawa pengharapan. Kami ingin lewat kampanye ini, masyarakat bisa memiliki harapan untuk terhindar dari kanker payudara,” lanjut Preysella.

Serangkaian kegiatan yang juga dilakukan, pada lomba kali ini seperti zumba, workshop, talkshow Breast Cancer 101, talkshow Komunitas RRS + Health Drink Demo, dan talkshow Kampanye Sadari. Sebagian keuntungan dari Ribbon of Hope ini juga akan didonasikan kepada Reach to Recovery (RRS) Surabaya, sebuah komunitas bagi para penyintas kanker payudara.

Baca Juga :  Patriot Muda Dibekali Pentingnya Nilai Toleransi Lewat Kelas Pemikiran Gus Dur

Preysella juga menyebut bahwa ada pre-campaign berupa 5K Fun Walk yang dilaksanakan pada 12 Mei 2024 di Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya. “Lebih dari 350 orang mengikuti Fun Walk. Ini bertujuan mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat, sebagai langkah preventif dalam memerangi kanker payudara,” papar  mahasiswi Strategic Communication PCU ini.

Seperti jargon Ribbon of Hope kali ini, yaitu Ayo Kenali, Saatnya Peduli!, mahasiswa PCU mengajak masyarakat Surabaya untuk terus mendukung dan menyebarkan pentingnya kesadaran tentang deteksi dini kanker payudara. “Nggak cuma Oktober, mari giatkan kampanye ini, agar kita bisa bersama-sama menciptakan masa depan yang cerah bagi masyarakat Indonesia,” tutup Preysella.(tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News