Resmi Dibuka, Transaksi IIMS Surabaya 2023 Targetkan Transaksi Rp230 Miliar

oleh -355 Dilihat

KILASJATIM. COM, Surabaya -Ajang pameran otomotif terbesar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di Surabaya, secara resmi dibuka Rabu (31/5/2023) di Grand City Surabaya..

Pasar otomotif di Jawa Timur tahun ini diyakini masih sangat potensial untuk terus digarap para pelaku industri.. Dalam gelaran IIMS Surabaya yang berlangsung ulai 31 Mei – 4 Juni 2023 ini menghadirkan sejumlah merek kendaraan roda empat, dan roda dua, serta sejumlah kendaraan listrik.

Selama pameran diharapkan ada transaksi penjualan mencapai Rp230 miliar, atau meningkat 16 persen dibandingkan realisasi tahun lalu yakni Rp150 miliar. Sedangkan jumlah pengunjung ditargetkan bisa tumbuh 15 persen.

Daswar Marpaung, Presiden Direktur PT Dyandra Prommosindo, selaku penyelenggara pameran IIMS di Grand City Surabaya mengatakan pameran otomotif ini merupakan penghubung antara agen pemegang merek (APM) dengan konsumen.

“Kami meyakini pameran seperti ini akan membawa keuntungan bagi pecinta otomotif dan juga APM, sekaligus membantu mendongkrak perekonomian, khususnya di Jatim,” katanya dalam pembukaan IIMS Surabaya 2023, Rabu (31/5/2023).

Sementara itu, Asisten 1 Pemprov Jatim, Benny Sampirwanto mengatakan sektor otomotif memiliki multiplier effect karena di dalamnya terdapat rantai pasok panjang mulai dari sektor usaha terkecil sampai yang besar.

“Industri otomotif merupakan industri strategis nasional, bahkan PDB nasional dari sektor ini mengalami kenaikan 10,67 persen pada tahun lalu. Hal ini juga karena adanya stimulus dari pemerintah berupa insentif diskon seperti PPnBM,” jelasnya.

Benny menambahkan, dari catatan Gaikindo penjualan mobil di Indonesia telah bangkit pasca pandemi dengan capaian penjualan kendaraan roda empat sebanyak 1,013 juta unit atau naik 14,8 persen. Sedangkan penjualan sepeda motor mencapai 5,22 juta unit atau naik 3,8 persen.

Baca Juga :  Amankan dan Lindungi Transaksi,  GoPay Ajak Pengguna Aktifkan Fitur Biometrik   

Di Jatim sendiri terdapat sejumlah industri pendukung otomotif yang juga berkontribusi menggerakkan perekonomian, yakni tercatat sebanyak 61 industri besar, 36 industri karoseri, 137 unit perbengkelan roda empat, dan 386 unit perbengkelan roda dua.

“Pemprov Jatim berharap gelaran IIMS bisa mendorong pertumbuhan ekonomi jatim dan akan memberikan kontribusi positif bagi perbaikan dan perkembangan ekonomi masyarakat Jatim,” pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.