Ranupani Akan Segera Menjadi Smart Village

oleh
Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat menerima Tim Validasi dari PT. Telkom Indonesia terkait Smart Village di Ruang Mahameru, Rabu (27/11/2019).

KILASJATIM.COM, Lumajang – Ranupani akan segera menjadi smart village atau desa pintar. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat menerima Tim Validasi dari PT. Telkom Indonesia terkait Smart Village di Ruang Mahameru, Rabu (27/11/2019).

“Saya membayangkan kalau ini sudah dijalankan maka kemudahan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat, kemudahan masyarakat dalam menjalankan perekonomian dan ini menjadi impian kita bersama,” harap Bunda Indah.

Bunda Indah memandang smart village sebagai program strategis untuk mendorong akselerasi pembangunan di desa. Namun disampaikannya bahwa penyediaan infrastruktur dan berbagai aplikasi dalam smart village ini juga harus diimbangi dengan kesiapan masyarakat Ranupani itu sendiri.

“Tersedianya infrastruktur, aplikasi yang canggih tidak akan bermanfaat apapun kalau masyarakatnya tidak siap. Ini menjadi tugas Pak Camat dan DPMD untuk mempersiapkan masyarakat, kalau kesulitan bisa meminta bantuan kepada dinas lain seperti Dinas Kominfo untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA: Ratusan Masyarakat Godril Lumajangan Bareng Bupati dan Wabup  

Sementara itu, Anggota Tim Validasi PT. Telkom Indonesia, Harun menjelaskan bahwa ada 3 point ‘smart’ yang ingin diimplementasikan, yakni Smart Governance, Smart Economy dan Smart Society. Melalui smart governance misalnya, PT. Telkom berharap akses pelayanan publik lebih baik dengan dukungan teknologi.

“Melalui smart governance, pelayanan publik seperti surat menyurat, surat lahir, surat nikah, KK, bisa diajukan melalui online, layanan puskesmas, e-posyandu juga bisa kita implementasikan. Dalam bidang pendidikan juga kita sediakan e-library yang bisa diakses secara offline,” jelasnya.

Lebih lanjut, Harun menjelaskan akses perekonomian di Desa Ranupani nantinya juga dipermudah dengan adanya Smart Economy. Melalui yang akan memberdayakan ekonomi desa berkembang lagi. “Sedangkan melalui Smart Society, kita coba implementasi kan bahwa teknologi IT bisa membantu penduduk, misalnya dalam bentuk donasi apabila ada warga yang sakit, layanan donor darah melalui 1 aplikasi,” jelasnya.

Harun menjelaskan bahwa PT. Telkom Indonesia saat ini tengah menyiapkan segala infrastruktur dan berbagai aplikasi untuk mewujudkan smart village di Desa Ranupani. Ia mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat akan segera direalisasikan. (kominfo/kj16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *