Puluhan Ribu Order Banjiri UMKM di Marketplace PLN Mobile

oleh -232 Dilihat

KILASJATIM.COM, Jakarta – Gebrakan PLN dengan program Hari Belanja Nasional (Harbelnas) PLN dengan bonus promo diskon tambah daya di  Marketplace aplikasi PLN Mobile sukses. hal ini terlihat dari antusias pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dibanjiri puluhan ribu pelanggan. Tercatat jumlah pelanggan yang mengikuti program ini lebih dari 28 ribu pelanggan atau mencapai 114 persen dari target.

Marketplace merupakan salah satu fitur di aplikasi PLN Mobile yang memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian produk-produk yang diinginkan. Fitur ini juga menjadi wadah para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PLN memasarkan produknya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo berharap momen ini bisa membawa UMKM binaan PLN naik kelas bahkan meraup untung sehingga mampu menjadi katalis penggerak ekonomi rakyat.

“PLN memberikan wadah untuk para UMKM, dengan fitur marketplace di aplikasi PLN Mobile ini jelas akan memudahkan para pelaku usaha untuk memasarkan produknya sembari memberikan promo bundling dan program diskon tambah daya bagi pelanggan PLN,” ujar Darmawan.

Di Jawa Timur, sebanyak 3.668 pelanggan telah memanfaatkan program ini. Terbanyak yakni dari wilayah Banyuwangi sejumlah 484 pelanggan, kemudian wilayah Kediri sebanyak 361, dan wilayah Surabaya Selatan sebanyak 346 pelanggan. Ada pula beberapa UMKM binaan PLN Jawa Timur seperti olahan abon Alsafood, minuman dari wedang jahe Yoris dan kreasi batik craft Panataran yang dapat dibeli melalui Marketplace PLN Mobile.

“Melalui promo ini kami berharap produk UMKM binaan PLN di Jawa Timur semakin luas pasarnya. Selain itu, masyarakat juga mendapatkan voucher untuk tambah daya. Jadi tunggu apalagi segera manfaatkan program ini,” terang General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran.

Baca Juga :  BankJatim dan Pemprov Jatim Salurkan Bantuan Langsung Tunai Kepada 5.030 Buruh Pabrik Rokok

Salah satu pelaku UMKM yang merasakan manfaatnya adalah Roemah Daster Kalimantan Selatan yang dikekola Hendra Aji. Ia menyampaikan hasil penjualannya meningkat hingga dua kali lipat dari hari biasanya.

“Dalam satu minggu kami berhasil menjual kurang lebih 20 transaksi penjualan di marketplace PLN Mobile. Penjualannya bahkan sudah sampai ke seluruh pulau Kalimantan, bahkan sampai ke Sumatra,” kata Hendra.

Hendra juga berharap, program PLN ini dapat berkelanjutan karena berdampak positif dalam peningkatan ekonomi usaha menengah kecil di daerahnya.

Dalam rangka Harbelnas ini, khusus pelanggan yang berbelanja melalui marketplace PLN Mobile dengan 1 kali transaksi minimal Rp125.000,- akan mendapatkan voucher tambah daya sampai dengan daya akhir 5.500 Volt Ampere (VA) dengan harga spesial Rp250.000,-. Program promo ini berlaku bagi pelanggan rumah tangga, bisnis kecil dan industri kecil.

Promo ini berlaku hingga 31 Mei 2023 dan promo ini berlaku bagi masyarakat yang sudah menjadi pelanggan PLN sebelum tanggal 1 Maret 2023.

“Masih ada kesempatan, program ini berlaku hingga 31 Mei 2023, jadi masih ada waktu bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan kesempatan tambah daya dengan harga spesial dari PLN,” pungkas Darmawan. (nov)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News