PTPN XI Suport Puslit Tingkatkan Produktivitas

oleh

LUMAJANG, kilasjatim.com: –
PTPN XI serius mengembangkan penelitian untuk meningkatkan produktivitas on farm dengan menggelar pertemuan Teknis Sosialisasi Hasil Penelitian tahun 2018 di PG Djatiroto Selasa (27/03).

Plt Direktur Utama PTPN XI Daniyanto mengatakan, peran Litbang atau research and development sangat penting sebagai ujung tombak perubahan dan mendukung percepatan pencapaian sasaran produksi.

“Litbang harus bisa menghasilkan tanaman tebu dengan hablur yang tinggi, dan tahan terhadap anomali cuaca. Tanaman tebu dengan kandungan fiber tinggi akan memberikab nilai kalor ampas yang tinggi dan sangat menguntungkan untuk sebagai bahan baku listrik cogeneration,” kata Daniyanto.

Diharapkan Puslit-Puslit yang melakukan penelitian terkait tebu bisa saling berkolaborasi dan bersinergi.

” Dalam melakukan penelitian terkait tebu puslit bisa saling tukar menukar informasi, jangan sampai kita melakukan redundant dalam artian penelitian yang sama dilakukan oleh hampir semua puslit sehingga tidak efektif dan efisien,” imbuhnya.

Bagi Puslit PTPN XI, Daniyanto berharap agar Puslit dibawah PTPN XI mulai menjadi profit center dengan memanfaatkan peluang dan fokus dalam penyediaan bibit di PTPN XI dan yang kedua memberikan pendampingan dalam peningkatan kesuburan tanah di wilayah kerja PTPN XI serta menemukan formulasi varietas yang tepat untuk tanah-tanah di wilayah kerja PTPN XI.

Selain pameran hasil riset, kegiatan tersebut diisi diskusi panel dengan narasumber yang terdiri dari praktisi dan akademisi diantaranya; Nanik Tri Ismadi, SP. Kepala Puslit Sukosari PTPN XI, Purnomo Aji, SP. dari Puslit Jengkol PTPN X, Niken Puspitasari, SP. staf ahli Puslit Koka Jember, Prof Bambang Sugiharto dosen Universitas Jember, Eka Sugiyarta, MS. Staf ahli On Farm PTPN X, Retno Wulandari staf BMKG Malang, serta tim dari BALITAS Malang.

Puslit Sukosari Lumajang merupakan Puslit dibawah PTPN XI dan mempunyai laboratorium bioteknologi di Surabaya serta Quality Control (QC) di masing-masing pabrik gula wilayah kerja PTPN XI. (kj7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *