PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) Bukukan Laba Bersih Rp 50,68 Pada Kuartal I 2022

oleh -1 Dilihat

KILASJATIM.COM, Bandung – PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA), produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia, melaporkan kinerja keuangan Perseroan pada kuartal 1 2022. Perseroan berhasil membukukan laba bersih atau net income pada kuartal 1 2022 sebesar Rp 50,68 milliar. Angka ini meningkat 19,28% dibandingkan kuartal 1 tahun 2021 dimana Hartadinata Abadi mencatatkan net income sebesar Rp 42,49 milliar. Sedangkan pertumbuhan pendapatan kotor sebesar 39,67% dibandingkan kuartal 1 2021.

Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi, Tbk menyampaikan pertumbuhan laba ini salah satunya merupakan hasil dari perkembangan bisnis yang dilakukan oleh HRTA.

“Kami bekerjasama dengan PT. Emas Antam Indonesia (EAI) dalam memproduksi Kencana dan EmasKITA, diluar itu kami juga meluncurkan flagship store bernama Hartadinata Abadi Store,” jelas Sandra Sunanto, usai Publi Expose yang dilakukan secara virtual Rabu (22/6/2022).

Pada kuartal 1 2022, PT Hartadinata Abadi Tbk mencatatkan gross profit atau pendapatan kotor sebesar Rp 153,71 milliar, bertumbuh sebesar 39,67% dibandingkan kuartal 1 tahun 2021 dimana Hartadinata Abadi mencatatkan gross profit sebesar Rp 110,05 milliar.

Selama kuartal 1 tahun 2022, PT Hartadinata Abadi Tbk juga mencatatkan pertumbuhan pendapatan Perseroan. Total revenue yang dicatatkan PT Hartadinata Abadi Tbk pada kuartal 1 2022 adalah Rp 1.38 trilliun. Meningkat 32,78% dibanding kuartal 1 tahun 2021 yang mencatatkan Rp 1,04 trilliun.

“Selama kuartal 1 2022, Hasil penjualan kepada pihak wholesaler memberikan kontribusi sebesar 89,81% dan dari toko milik sendiri serta imbalan kemitraan sebesar 8,92% selain dari itu adanya tambahan pendapatan dari hasil usaha pegadaian sebesar 1,26%,” ungkap Ong Deny, Chief Financial Officer PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA).

Dari sisi pertumbuhan perusahaan yang terjadi pada kuartal 1 tahun 2022, PT Hartadinata Abadi Tbk juga mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba perusahaan selama tahun 2021. PT Hartadinata Abadi Tbk telah berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp 5,24 trilliun sepanjang tahun 2021 kemarin. Perolehan ini meningkat sebesar 26,56% dibanding realisasi penjualan neto pada 2020 yakni sebesar Rp 4,14 trilliun.

HRTA dapat membukukan laba bersih atau net income sebesar Rp 193,98 miliar sepanjang 2021. Jumlah tersebut tumbuh 13,32% yoy dibanding laba tahun berjalan 2020 yang sebesar Rp 171,17 miliar.

Di tahun 2021, PT Hartadinata Abadi Tbk berhasil mengembangkan bisnis Perseroan dengan melakukan kerjasama dengan PT Emas Antam Indonesia (EAI) dalam memproduksi dan merilis EmasKITA yang menghadirkan variasi logam mulia ukuran mikro (mikrobar) pecahan 0.1 gram dan 0,25 gram. Selain itu ada juga koleksi perhiasan berbahan emas murni bernama Kencana.

Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi, Tbk

Seiring dengan semakin berkembangnya bisnis emas batangan dan perhiasan emas, PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) meluncurkan flagship store yang bernama “Hartadinata Abadi” Store. Gerai ini pertama kali diluncurkan di Trans Studio Mall (TSM) Bandung ini dan kini sudah terdapat 6 gerai yang tersebar di Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, dan Surabaya.

Selama tahun 2022 ini, PT Hartadinata Abadi Tbk menargetkan untuk membuka minimal 10 gerai Hartadinata Abadi Store. Selain itu juga hingga Juli 2022, Hartadinata Abadi menargetkan untuk memiliki total 82 toko emas yang berada dibawah jaringan PT Hartadinata Abadi Tbk.

Melalui Hartadinata Abadi Store ini, Hartadinata ingin memberikan layanan one stop shopping bagi masyarakat yang ingin membeli produk Hartadinata secara lengkap baik itu perhiasan emas 24K, Kencana, dan emas batangan EmasKITA yang merupakan kerjasama antara Hartadinata dan EAI. Selain itu, gerai ini juga menawarkan produk perhiasan emas bertahtakan berlian.

“Peluncuran Hartadinata Abadi Store di Jakarta, Bandung, Tasikmalaya dan Surabaya ini merupakan strategi kami dalam memenuhi permintaan pasar konsumen di berbagai daerah di Indonesia,” ungkap Sandra Sunanto.

Hartadinata Abadi Store sendiri adalah sebagai bentuk tanggapan Hartadinata terhadap permintaan pasar yang semakin meningkat. Hartadinata melihat peluang dari peningkatan ini untuk mengembangkan produk EmasKITA dan Kencana melalui flagship store Hartadinata Abadi, dimana Hartadinata Abadi Store fokus menjual produk EmasKITA dan Kencana yang yang merupakan kerjasama dengan EAI yang bertujuan untuk mendorong inklusifitas investasi emas. Selain itu beberapa flagship store, juga dilengkapi dengan produk perhiasan emas bertahtakan berlian.

“Tujuan kami dalam meluncurkan Hartadinata Abadi Store yang menjual produk EmasKITA dan Kencana adalah upaya kami dalam mendorong inklusifitas emas. Melalui pembukaan Hartadinata Abadi Store di berbagai kota, maka kami juga berkeinginan untuk mendorong inklusifitas investasi emas,” pungkas Sandra. (kj2)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.