Prajurit TNI AL Menunjukkan Komitmen Jaga Kelestarian Alam Banyuwangi

oleh -472 Dilihat

KILASJATIM.COM, Banyuwangi – Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) menunjukkan komitmennya dalam menjaga kelestarian alam Kabupaten Banyuwangi. Salah satu langkah konkret yang mereka lakukan adalah menjaga bibir pantai agar tidak terkikis abrasi.

Pada Sabtu (22/6), mereka melakukan penanaman mangrove di Pantai Cemara, Kelurahan Pakis, Banyuwangi. Pantai Cemara tidak hanya dikenal sebagai objek wisata, tetapi juga sebagai tempat singgah penyu untuk bertelur.

Kegiatan penanaman mangrove ini diikuti oleh 659 peserta latihan praktek (Lattek) pelayaran gabungan siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Wira Jala Yudha XXII/2024.

Ratusan siswa bintara prajurit karir (PK) dan tamtama PK TNI AL Angkatan 432 dari Sabang hingga Merauke tersebut, bersama 69 pendukung, tiba di Banyuwangi dengan menggunakan KRI Soeharso dan KRI Teluk Ende pada Jumat, 21 Juni 2024.

“Ini juga menjadi pembelajaran bagi siswa-siswa dari Kodiklatal supaya mereka melihat betapa indah, betapa bagusnya wilayah Banyuwangi,” kata Dankodik Opsla Kodiklatal, Laksamana Pertama TNI M. Iwan Kusumah yang juga selaku Direktur Latihan (Diralat).

Menurutnya, para siswa Kodiklatal dapat belajar bagaimana menjaga masa depan bangsa melalui program tanam mangrove yang digelar TNI AL. “Sehingga 10 hingga 20 tahun yang akan datang, kita bisa menikmati hasil yang kita kerjakan hari ini,” ujarnya.

Penanaman mangrove juga penting dilakukan untuk menjaga garis batas wilayah pantai agar terhindar dari kikisan abrasi. Hal ini diibaratkan sebagai langkah TNI AL menjaga garis pantai Indonesia dari segala macam gangguan. “Dengan menanam mangrove ini kita belajar dari alam untuk mengawasi dan menjaga garis pantai kita,” tutur Iwan.

Baca Juga :  Ramai Dipadati Pengunjung, Yuk Ketahui Ritual Seblang Olehsari di Banyuwangi Ini

Sementara itu, TNI AL memilih Banyuwangi sebagai lokasi yang dikunjungi Kodiklatal dan penanaman mangrove karena Banyuwangi telah sejak lama menjadi mitra bagi TNI AL. “Kerja sama ini yang harus terus kita pupuk dan gairahkan, tidak ada perbedaan sipil dan militer, kita saling membantu untuk kemajuan bangsa ini,” ajak Iwan. (rud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.