Polres Malang Siapkan Program Arus Balik Gratis, Ini Syaratnya Lur!

oleh -764 Dilihat

KILASJATIM.COM, Malang – Kepolisian Resor (Polres) Malang, Jawa Timur menyiapkan program balik mudik gratis usai masa libur Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah/2023, yang ditujukan bagi masyarakat yang akan kembali ke sejumlah wilayah.

Kasat Lantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/4/2023) mengatakan bahwa bagi masyarakat yang berminat mengikuti program balik mudik gratis tersebut, bisa langsung melapor ke Mapolres Malang untuk dilakukan pendataan.

“Polres Malang membuka program arus balik gratis bagi warga yang telah merayakan Idul Fitri 1444 Hijriyah,” katanya.

Ia menjelaskan, program balik mudik gratis tersebut sesuai dengan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada perayaan Lebaran 2023.

Menurutnya, Polres Malang telah menyiapkan sejumlah armada bus untuk mengantar kembali pemudik ke kota tujuan masing-masing. Saat ini, ada lima unit bus yang disiapkan, dan akan ditambah apabila permintaan masyarakat terhadap program tersebut tinggi.

Ia menambahkan, Polres Malang akan melayani arus balik gratis melalui tiga rute utama yakni Malang-Nganjuk-Madiun-Ngawi, rute Malang-Probolinggo-Madiun-Bondowoso dan Malang-Semarang-Jakarta.

“Selain rute wilayah Jawa Timur, Polres Malang juga melayani rute hingga Semarang dan Jakarta melalui jalur pantura,” katanya.

Untuk mengikuti program tersebut, lanjutnya, tidak ada syarat khusus, hanya perlu membawa kartu identitas dan melaporkan domisili selama masa libur Lebaran. Kemudian, Polres Malang akan menyiapkan armada sesuai dengan jumlah yang sudah mendaftar program balik gratis.

Program tersebut akan diberangkatkan pada 28 April 2023, melalui dua titik yakni di Mapolres Malang, Kecamatan Kepanjen, dan Pos Lantas Karanglo, Kecamatan Singosari. Masyarakat bisa menghubungi nomor 085791110395 untuk mengikuti program tersebut.

Baca Juga :  Peringati 1 Abad  Depo Sidotopo, KAI Daop 8 Hadirkan Lokomotif _Livery Vintage_ Merah dan Biru

Ia berharap, program balik mudik gratis itu bisa membantu masyarakat serta mengurangi risiko kecelakaan akibat kelelahan saat berkendara. Pihaknya akan berupaya secara maksimal program balik mudik gratis t4ersebut.

“Momentum ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk mewujudkan mudik yang aman dan berkesan,” katanya.

Pada arus mudik libur Lebaran 2023, diperkirakan akan ada sebanyak 123,8 juta orang yang melakukan mudik ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur dan Malang Raya yang merupakan gabungan antara Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang, demikian Agnis Juwita Manurung. (bbs/bkj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.