Polda Jatim Kerahkan 4.925 Personel Kawal Persebaya vs Arema Hari Ini

oleh -278 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur mengerahkan 4.925 personel untuk mengawal laga antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Sabtu (23/9/2023) sore ini. 

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengatakan pengamanan ekstra itu dilakukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan karena gengsi kedua suporter yang besar dan rentan menimbulkan kericuhan.

“Jadi kami melakukan pengamanan melibatkan personel maksimal laga sebelumnya personel tidak sampai 1.000, kali ini kami maksimalkan hampir 5 ribu,” kata Dirmanto dalam keterangannya, dikutip Sabtu (22/9/2023). 

Dirmanto menjelaskan bahwa sejumlah personel itu secara teknis tak hanya disebar di area stadion saja, tetapi juga di beberapa titik seperti area perbatasan masuk Kota Surabaya.

Di area itu akan dilakukan penyekatan mengantisipasi adanya suporter Arema yang datang ke Surabaya serta akan dilakukan operasi miras agar tidak masuk ke dalam stadion.

Selain itu, Dirmanto juga menuturkan nantinya bakal ada pengamanan ekstra bagi tim Arema mulai perjalanan dari Malang, di penginapan, dan perjalanan pulang pasca pertandingan.

“Jadi hasil rakor kemarin di semua mekanisme proses laga nanti mulai di tempat tinggal pemain Arema maupun Persebaya kita jaga dan kami kawal pergi pulang,” jelasnya. 

Di sisi lain, Polda Jatim menegaskan bahwa kepada seluruh suporter dari kedua belah pihak baik dari Arema dan Persebaya agar mengikuti aturan-aturan yang berlaku.

Sebagai informasi, dalam pertandingan sebelumnya pertandingan Arema vs Persebaya telah menuai kerusuhan di Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022). Pertandingan itu berakhir dengan skor 2-3 dengan kekalahan tuan rumah.

Setelah itu terjadi kerusuhan dan penembakan gas air mata yang memicu penonton berdesakan dan menyebabkan 135 orang meninggal dunia. (bbs/fiq)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga :  Terima Surat dari FIFA, Presiden Instruksikan Dua Hal kepada PSSI

No More Posts Available.

No more pages to load.