Polda Jatim-Kemenag Kerja Sama Tangani Radikalisme

oleh -1.563 views
Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Djamaludin bersama Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi di Mapolda Jatim.

KILASJATIM.COM, Surabaya – Bahaya radikalisme terus diantisipasi oleh Polda Jatim. Salah satunya melakukan kerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jatim. Kesepakatan kerja sama dilakukan Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Djamaludin bersama dengan Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Ahmad Zayadi di Mapolda Jatim, Senin (10/2).

“Kami melakukan pembahas tentang penanganan dan penanggulangan kelompok Radikalisme yang ada di wilayah Jawa Timur. Deredikalisasi ini langkah yang kami ambil bersama Kanwil Kemenag Jawa Timur,” jelas Wakapolda.

Deradikalisasi adalah tindakan preventif kontraterorisme atau stratregi untuk menetralisir paham-paham yang dianggap radikal dan membahayakan. Upaya yang dilakukan yakni dengan cara pendekatan tanpa kekerasan.

“Tujuan dari deradikalisasi ini untuk mengembalikan para aktor terlibat yang memiliki pemahaman radikal untuk kembali kejalan pemikiran yang lebih moderat,” ujarnya.

BACA JUGA: Kemenag Surabaya Resmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Menurutnya, terorisme telah menjadi permasalahan serius bagi dunia internasional. Untuk itu, radikalisme yang membahayakan keamanan nasional dan negara itu, maka program deradikalisasi dibutuhkan sebagai formula penanggulangan dan pencegahan pemahaman radikal seperti terorisme.

“Selama ini Polda Jatim sudah berupaya melakukan pendekatan-pendekatan silaturahmi kepada para tokoh-tokoh agama atau pimpinan pondok pesantren yang ada di Jawa Timur,” kata Brigjen Djamaludin.

Selain itu, Direktorat Bimas Polda Jatim juga melakukan upaya berkerja sama dengan pimpinan pondok pesantren dan memberi penyuluhan kepada para santri tentang narkoba dan pentingnya menjaga NKRI.

“Dengan kerja sama antara Kemenag RI Kanwil Jatim dan Polda Jatim ini diharapkan semakin memperkuat upaya-upaya dalam bentuk penyuluhan terutama tengan Radikalisme dan Narkoba,” tutur Ahmad Zayadi. (kominfo/kj7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.