PLN Jamin Ketersediaan Pasokan Listrik Mendukung Pertumbuhan Industri di Jawa Timur

oleh -3 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – PLN UID Jawa Timur mencatat penjualan tenaga listrik pada bulan April 2022 mencapai 13,173 GWh, yang mana sektor industri tumbuh 5,55% dibanding tahun lalu dan sektor bisnis tumbuh 8,32%.

“Secara total pertumbuhan penjualan tenaga listrik mengalami kenaikan sebesar 4,62% dibanding April 2021. Hal ini menandai pertumbuhan konsumsi listrik di Jawa Timur khususnya sektor bisnis dan industri,” papar General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran.

Hal ini selaras dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang terus menunjukkan progres positif. Hal ini dapat dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim yang mencatat, perekonomian Jatim di kuartal I-2022 tumbuh positif 5,20 persen dibanding kuartal I-2021 Year over year (YoY).

Lasiran menegaskan, PLN mampu memenuhi pertumbuhan konsumsi listrik di kawasan industri baru di Jawa Timur. Saat ini daya mampu sistem kelistrikan di Jatim sebesar 10.138 MW dengan beban puncak mencapai 6.088 MW, dikirim ke Jateng sebesar 786 MW, ke Bali 107.47 MW, artinya masih ada cadangan 3.258 MW.

“Cadangan listrik kita masih aman, pelaku industri tidak usah khawatir. Kami menjamin kebutuhan listrik untuk industri di Jatim aman. Saat ini juga tengah dilakukan pembangunan pembangkit di Jawa Tengah, jadi daya listrik yang semula kita kirim ke Jawa Tengah nantinya akan kita gunakan sendiri, atau kita bisa mendapatkan tambahan dari Jawa Tengah,” Imbuh Lasiran.

Dalam gelaran Multi Stakeholder Forum PLN Grup Jawa Timur, Kamis (12/5), PLN pun akan memperkuat sistem kelistrikan di Jawa Timur dengan pembangunan pembangkit energi terbarukan, menambah kapasitas transmisi dan kapasitas gardu induk.

Untuk meningkatkan serapan penggunaan tenaga listrik di Jawa Timur, PLN memiliki kiat meningkatkan pemasaran ke sektor yang bertahan bahkan tumbuh saat dan pasca pandemi seperti farmasi, consumer goods, makanan dan minuman, serta mengintesifkan electrifying lifestyle.

Tak hanya itu, PLN pun tengah menggiatkan penggunaan energi bersih melalui gerakan penggunaan kompor induksi didukung dengan berbagai promo seperti Layanan Nyaman Kompor Induksi (Layanan Tambah daya Rp 150.000,- (1 phasa) dengan Bundling Pembelian kompor induksi).

Tercatat, April 2022 Layanan Nyaman Kompor Induksi telah dinikmati 16.876 pelanggan di Jawa Timur. PLN juga memiliki produk layanan Ekstra Daya, yaitu paket tambahan kapasitas daya bagi rumah baru yang memiliki kompor induksi. Tercatat 1.087 pelanggan telah memanfaatkan program ini. (kj4)

No More Posts Available.

No more pages to load.