PKS Jatim : Dari 24 Peserta Lomba Baca Kitab Kuning, 7 Diantaranya Putri

oleh

Surabaya,kilasjatim.com: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur kembali menggelar lomba baca kitab kuning antar pondok pesantren tingkat nasional.

Ketua Panitia Lomba baca kitab kuning Jatim, Ibnu Shobir mengatakan bahwa lomba tersebut merupakan agenda tahunan jelang hari Santri. Dan tahun ini merupakan tahun ke tiga.

“Tahun 2018 ini, masuk tahun ketiga penyelegaraanya. Lomba ini pertama kali digelar tahun 2016,”katanya kepada wartawan saat jumpa pers di kantor DPW PKS Jatim, Jalan Gayungsari Surabaya, Minggu (16/09/2018).

Baru menginjak pagelaran ke tiga tahun ini, pesertanya tidak lagi di khususkan pria, melainkan sudah berkembang melibatkan peserta putri. Hal itu, berdasarkan saran dari ulama Jatim .

“Ada 7 peserta putri, dari 24 peserta yang masuk babak semifinal di Surabaya. Nantinya mereka akan dipilh 10 peserta yang akan dikirim ke Jakarta mewakili Jatim,”jelas anggota DPRD Sutabaya dari fraksi PKS ini.

Lebih lanjut Ibnu Shobir memapatkan bahwa tujuan digelarnya lomba baca kitab kuning ini adalah untuk memberikan aspirasi sekaligus mendorong generasi muda ( melenial) lebih mendalami agama, khususnya Islam melalui mengaji kitab kuning.

“Khususnya kitab Fathul Mu’in yang isinya tentang Fiqih Ibadah bermazhab Safi’i,”tambahnya.

24 peserta ini diambil dari tiga beser peserta dari 8 kota/ kabupaten yang menggelar acara tersebut. Kota/ Kabupaten tersebut, yakni Surabaya, Sidoarjo, Madiun, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep dan Bojonegoro.

“Ada delapan kota/ kab menjadi tempat babak penyisihan. Dan finalnya nanti di Jakarta . Waktu pelaksanaanya mendekati hari Santri 2018 mendatang,”ungkapnya. Kj4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *