Petugas LAPOR dan BAKOHUMAS Ujung Tombak Pemerintahan  

oleh -164 Dilihat
Peserta workshop Petugas LAPOR dan BAKOHUMAS. (Ist)

KILASJATIM.COM, Sidoarjo – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, petugas LAPOR dan BAKOHUMAS Pemkab Sidoarjo, di bawah komando Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo menggelar Workshop Petugas LAPOR dan BAKOHUMAS, Selasa 29 Oktober 2019, di Hotel Luminor,  Banyuwangi.

Workshop ini di buka oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo, Drs. Setyo Winarno, M.Si., yang diikuti oleh petugas LAPOR dan BAKOHUMAS di OPD se- Kabupaten Sidoarjo, sekitar 80 orang.

Dalam sambutannya, ditekankan bahwa petugas yang menangani pelayanan publik harus mengikuti perkembangan teknologi dan masyarakat.

“Karena petugas LAPOR dan BAKOHUMAS ini merupakan ujung tombak, untuk itu, kualitas dan profesionalisme harus ditingkatkan, melalui workshop semacam ini,” jelasnya.

BACA JUGA: Sidoarjo Miliki Wisata Kuliner Resto Apung Seba Sajikan Menu Serba Ikan Asap

Kasi. Pelayanan Informasi Publik, Dinas Kominfo Kabupaten Banyuwangi, Dra. Ermi Rossana, M.Si, memaparkan proses merintis LAPOR SP4N dan Bagaimana pengelolaan pengaduan di Pemkab Banyuwangi.

“Pengaduan yang masuk hari ini, harus segera terespon dengan cepat dan hari ini juga harus selesai, ini merupakan komitmen Pemkab Banyuwangi dalam menyelesaikan pengaduan,” jelasnya.

Puncaknya, materi dari Kementerian PAN RB, Rosikin, S.Si, tentang optimalisasi aplikasi LAPOR. Masyarakat sudah mulai memanfaatkan teknologi informasi untuk menyampaikan pengaduan.

Oleh karena itu pengaduan akhir – akhir ini terus meningkat. Ada sekitar 900 pengaduan yang masuk di LAPOR per harinya. Pengaduan yang masuk, dan terespon sekitar 70%. Dan pengaduan yang belum terespon seringnya bukan berarti tidak diproses, namun karena pengaduan tersebut tidak jelas.

BACA JUGA: Polemik Terminal Bungurasih, Surabaya Tidak Punya Utang ke Pemkab Sidoarjo

Di hari kedua, peserta workshop petugas LAPOR dan BAKOHUMAS melaksanakan kunjungan ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyuwangi, di Jl. Sritanjung, Kepatihan, Temenggungan, Kecamatan Banyuwangi. Dimana MPP ini telah menyediakan 119 layanan publik. (*/kj1)

No More Posts Available.

No more pages to load.