Pertamina Pastikan Penerbangan Haji Aman, Siagakan Stok Avtur di Bandara Internasional Juanda

oleh SebarTweet

KILASJATIM. COM, Surabaya –
Pertamina Patra Niaga di Regional Jatimbalinus memastikan stok dan penyaluran avtur kepada seluruh maskapai penyelenggara penerbangan haji aman. Tak terkecuali pemenuhan kebutuhan avtur untuk penerbangan haji khususnya di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurut Area Manager Communication & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Deden Mochamad Idhani, kegiatan haji yang sempat tertunda selama 2 tahun karena pandemi Covid-19 kini kembali diselenggarakan.

“Untuk wilayah Jawa Timur, penerbangan haji dipusatkan di Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo. Pertamina Patra Niaga di Regional Jatimbalinus telah menyiapkan sebanyak 1.500 Kiloliter (KL) bahan bakar avtur untuk mengakomodir maskapai yang melayani penerbangan haji tersebut,” ujar Deden.

Pada tahun 2022 ini, terdapat 2 fase pelayanan avtur penerbangan haji yaitu di fase pertama atau keberangkatan mulai tanggal 4 Juni hingga 2 Juli 2022 serta fase kedua atau kepulangan yaitu mulai tanggal 15 Juli hingga 12 Agustus 2022.

“Pada fase pertama terdapat 38 penerbangan (flight) dengan rata-rata penyaluran sebanyak 40 KL setiap penerbangan. Sementara untuk fase kedua, Pertamina Patra Niaga di region Jatimbalinus menyiapkan sekitar 5.000 KL stok avtur. Pertamina akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian Agama, Angkasa Pura, penyelenggara haji dan pihak lainnya untuk memastikan penyaluran tersebut aman,” tambah Deden.

Pelayanan bahan bakar avtur penerbangan haji oleh PT Pertamia Patra Niaga Regional Jatimbalinus dilakukan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda. DPPU Juanda dilengkapi dengan 4 unit kendaraan refueller kapasitas 40 KL, 6 unit refueller kapasitas 25 kl dan 1 unit refueller kapasitas 15 kl, selain itu DPPU Juanda juga dilengkapi 7 unit dispenser.

“Sementara untuk penyaluran harian normal seluruh penerbangan di DPPU Juanda saat ini sebesar 600 KL perhari. Nantinya dengan adanya penerbangan haji maka rata-rata harian penyaluran avtur di DPPU Juanda sebesar 650KL per hari. Kami berharap kegiatan ibadah haji di tahun 2022 berjalan dengan lancar, seluruh jamaah dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur, amin,” pungkas Deden. (kj2)