Pertamina Klaim Ramadhan- Idul Fitri 2023, Satgas RAFI Sukses Amankan Pasokan Stok LPG dan BBM di Wilayah Jatimbalinus

oleh -513 Dilihat

KILASJATIM. COM, Surabaya -Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus mengklalim pasokan BBM dan LPG selama April-Mei 2023, atau periode bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri tidak terjadi kekurangan stok energi bahkan kelangkaan.

Section Head Communication & Relation Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Taufiq Kurniawan dalam siaran resminya mengatakan, terpenuhinya BBM dan LPG selama periode bukan tersebut karena build up stock di supply point maupun lembaga penyalur ditambah 10 sampai 15 persen dibanding stok normal harian.
“Secara nasional, konsumsi LPG naik 7,9% dibanding konsumsi normal pada Maret sebanyak 5.787 metrik ton/hari. Hal ini sesuai proyeksi Pertamina. Kenaikan LPG ini sesuai dengan yang sudah diprediksi. Dimana akan terjadi kenaikan pada momen-momen, terutama di Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Juga beberapa hari libur yang memyebabkan konsumsi LPG ini menjadi naik 7,9%,” ujar Taufiq Kurniawan, Senin (8/5/2023).

Ditambahkan, Bahan bakar minyak (BBM) jenis besin (gasoline) juga naik 6,2% dibanding konsumsi normal Maret 17.963 kilo liter/hari. Namun jumlah tersebut lebih rendah 0,8% dibanding proyeksi Pertamina.

“Hal ini perlu dimaklumi, bahwa peningkatan arus kali ini didominasi kendaraan pribadi yang memang mayoritas menggunakan BBM jenis gasoline. Baik sepeda motor maupun mobil kendaraan pribadi. Pemudik tahun ini jumlah juga sangat signifikan jika dibandingkan dengan arus mudik pada tahun 2022 lalu,” imbuhnya.

Sedangkan untuk BBM gasoil turun 16,2% dibanding konsumsi normal Maret 8.119 kilo liter/hari. Jumlah tersebut sebetulnya lebih rendah 6,3% dibanding proyeksi Pertamina. Penurunan konsumsi gasoil ini dikarenakan lebih banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, jalur mudik juga sudah tersambung dengan baik.

Baca Juga :  Shell Fokus Garap Pasar Jatim Ekspansi Dengan Tambah SPBU

Kemudian untuk konsumsi avtur naik 0,9% jika dibandingkan konsumsi normal pada Bulan Maret sebanyak 2.428 kl. Hal ini lebih tinggi 2,7% dibanding proyeksi Pertamina.

“Upaya menjaga ketersediaan energi ini tidak lepas dari kerja sama dan kolaborasi dengan para stakeholder. Yaitu Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Kepolisian, TNI, pemerintah daerah, dan seluruh pihak lainnya yang terlibat. Sehingga pelayanan operasional untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat dan pemudik sepanjang arus mudik, arus balik, dan saat Hari Raya Idul Fitri 2023 berjalan dengan aman dan lancar,” tukasnya seraya menambahkan, Pertamina gmemberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak. Terutama kepada seluruh jajaran badan usaha yang terlibat langsung di lapangan. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.