Pertamina Juanda Beri Penyuluhan Kesehatan Ibu Anak dan Lansia di Desa Semampir

oleh -107 Dilihat

KILASJATIM. COM, Sidoarjo – Peduli kesehatan ibu, anak dan lansia sudah menjadi konsentrasi program kesehatan pemerintah sampai saat ini. Mulai dari kegiatan penyuluhan, pemberian makanan tambahan dan pemeriksaan kesehatan berkala dilaksanakan upaya menuju pengurangan angka stunting dan peningkatan kesehatan masyarakat.

Pertamina sebagai perusahaan pelaksana dan penggiat kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, salah satunya pilar kesehatan juga turut berpartisipasi aktif. Peringati Hari Gizi Nasional, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui DPPU Juanda gelar penyuluhan kesehatan lansia di Desa Semampir bekerjasama dengan Pemerintah Desa Semampir (25/01).
Pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini juga sekaligus dalam rangka memperingati momen Bulan K3 Nasional yang berlangsung tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari 2023.
Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda Pertamina dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui program Pertamina Sehat. Selama satu tahun terakhir, Program CSR Pertamina DPPU Juanda telah berkelanjutan memberikan bantuan program kesehatan di Desa Semampir sebagai area Ring 1 Perusahaan dengan total penyaluran lebih kurang delapan puluh juta rupiah yang menyasar pada balita bawah garis merah (BGM) yang merupakan program pemerintah pada masalah kesehatan balita yang lebih prioritas pada balita yang mempunyai timbangan berada dibawah garis merah pada buku KMS (Kartu menuju Sehat) dan lansia sebagai penerima manfaat.
Sementara itu secara keseluruhan wilayah Jatimbalinus, tahun lalu Pertamina sudah menyalurkan lebih kurang delapan ratus sepuluh juta rupiah yang tersebar di Provinsi Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.
Penyuluhan dibuka oleh Pemerintah Desa Semampir diwakili oleh Sekretaris Desa Semampir, Waras Kusairi.
“Kami sangat bersyukur atas bantuan dan perhatian yang diberikan oleh Pertamina selama satu tahun terakhir untuk posyandu balita dan lansia. Bantuan ini sangat kami butuhkan dan semoga kedepannya kerjasama ini tetap terjalin dengan baik antara Pemerintah Desa Semampir dan Pertamina DPPU Juanda”, ujar Waras Kusairi. .

Sebanyak 69 peserta lansia hadir mengikuti kegiatan dengan antusias mulai dari senam lansia hingga penyuluhan tentang kebutuhan gizi lansia yang disampaikan oleh Bidan Niken selaku pemateri dari tenaga medis Puskesmas Kecamatan Sedati.

“Pada momen hari gizi kali ini, kami memilih kegiatan bersama bapak ibu semua peserta posyandu lansia agar bapak ibu semua dapat semakin semangat dalam menjaga kesehatan dan menjalani hidup sehat”, ujar Edy Sunaryo, Sr. Spv RSD Pertamina DPPU Juanda mewakili Operation Head Pertamina DPPU Juanda.
“Desa Semampir kami pilih menjadi lokasi kegiatan dikarenakan desa ini salah satu desa yang paling dekat dengan lokasi operasional kami di Bandar Udara Internasional Juanda”, tambah Edy.
Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menjelaskan pelaksanaan program TJSL Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs). Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.
“Dengan dilaksanakannya kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para lansia di Desa Semampir untuk menjaga kesehatan dan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh posyandu lansia serta dapat terus melaksanakan pola hidup sehat dengan memperhatikan gizi seimbangnya. Hari Gizi Nasional ini semoga dapat menjadi momentum bagi kita agar semakin memberikan perhatian lebih untuk kesehatan bayi dan lansia demi tercapainya kehidupan yang lebih baik”, tutup Deden. (nov)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.