Pertamina EP Peduli Nasib Petani Bangilan, Beri Bantuan Mesin Combine

oleh

TUBAN, kilasjatim.com: –
PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu peduli terhadap nasib petani yang berada di wilayah operasionalnya, bentuk kepedulian tersebut diwujudkan dengan memberi bantuan mesin perontok padi dan jagung untuk kebutuhan petani yang ada di wilayah Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jumat (26/10/2018).

Mesin perontok padi dan jagung tersebut merupakan bantuan dari program Corporate Social Reponsibility (CSR) Pertamina EP Asset 4 Field Cepu. Alat perontok pagi dan jagung itu secara simbolis diserahkan Pertamina EP Asset 4 diwakilkan Field Manager (FM) dan juga Legal & Relation Manager Pertamina EP Asset 4 Field Cepu serta perwakilan dari SKK Migas Jabanusa.

Muhammad Ibnu Wardhana, Manager L&R Pertamina EP Asset 4 Field Cepu mengatakan, bantuan alat ini bentuk bagian dari program kegiatan CSR dari perusahaan untuk warga yang berada di sekitar wilayah operasional.

” Ini adalah dukungan kami terhadap masyarakat sekitar, khususnya petani guna meningkatkan produktifitas pertanian di sekitar wilayah operasi kami,” kata Muhammad Ibnu Wardhana.

Bantuan mesin Combine yang diberikan kepada kelompok tani di Kecamatan Bangilan tersebut sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat itu sendiri. Mengingat, wilayah Kecamatan Bangilan jadi wilayah sekitar operasi Pertamina EP Asset 4 Field Cepu dan salah satu daerah penghasil padi dan jagung di Tuban.

“Bantuan mesin seperti ini yang pertama untuk wilayah Asset 4 Field Cepu. Program-program kegiatan ini akan terus berkesinambungan sebagai bentuk upaya untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar operasi kami,” imbuhnya.

Penyerahan dan peresmian bantuan mesin perontok padi dan jagung tersebut diserahkan kepada Kelompok Tani Khidmah Varia Ladap Kecamatan Bangilan, Tuban.
Kegiatan penyerahan bantuan alat pertanian itu berlangsung di kantor Kecamatan Bangilan,  Tuban dengan dihadiri para petani dan juga Forkopimka Bangilan.

Afwan Daroni, Field Manager (FM) Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, yang hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan mesin combine berharap bahwa bantuan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Sehingga membantu peningkatan perekonomian para petani di wilayah tersebut.

“Mudah-mudahan bantuan mesin ini bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin dan bisa membangun kemitraan dengan para petani yang lebih baik lagi. Kami mohon dukungan masyarakat dan semua pihak dalam melakukan kegiatan operasional di lapangan,” ungkap Afwan Daroni.

Camat Bangilan, Deny Susilo Hartono, memberikan apresiasi dan sanjungan kepada Pertamina EP yang telah memberikan bantuan mesin perontok padi dan jagung tersebut. Bantuan mesin itu dinilai sangat berarti bagi kelompok tani yang ada di Bangilan, Tuban.

“Mungkin bantuan ini kecil bagi Pertamina, tapi ini sangat berarti bagi kami. Ke depan kita akan menggali potensi-potensi yang ada di Kecamatan Bangilan ini untuk kita kembangkan bersama guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Deny Susilo.

Sementara itu, keberadaan mesin perontok padi dan jagung tersebut nantinya akan dikelola kelompok tani Khikmad Varia Ladap Kecamatan Bangilan, Tuban. Selama ini, petani di wilayah Bangilan jika melakukan panen raya harus mendatangkan mesin dari luar wilayah Bangilan.

“Nanti koperasi yang akan menggelola mesin ini dan sekaligus sebagai operatornya. Jika ada petani yang butuh ya langsung bisa menghubungi koperasi,” tutur Bob Rosyadi, Ketua Kelompok Tani Khikmah Varia Ladap, Kecamatan Bangilan. (kj6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *