Penghujung Tahun 2021, AAL Tetap Semangat Layani Vaksinasi

oleh
Istimewa

Surabaya, Kilasjatim: Di ujung hari terakhir tahun 2021, vaksinator Akademi Angkatan Laut (AAL) tetap semangat jalankan Program Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL dengan melayani suntikan vaksin bagi masyarakat maritim baik untuk anak, remaja maupun dewasa yang digelar di Gedung Mandala, Kesatrian AAL Bumimoro,  Surabaya.

Sebanyak delapan tenaga kesehatan di bawah Subditkes, Ditpers AAL terlihat sibuk melayani 74 personel, keluarga prajurit dan masyarakat umum lainnya mulai dari pendaftaran administrasi, tensi darah hingga penyuntikan vaksin jenis sinovac baik dosis pertama maupun kedua.

Menurut penanggungjawab vaksinasi yang juga Kasubditkes, Ditpers AAL, Letkol Laut (K) dr. Bambang Hartono, Sp. Rad (K) Rl mengatakan, dari 74 suntikan vaksin hari ini,  58 diantaranya mendapatkan vaksin dosis pertama, sedangkan 16 lainnya mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

Untuk vaksinasi anak yang dilakukan vaksinator AAL hari ini terang Kasubditkes AAL, menggunakan vaksin jenis Sinovac. Vaksin ini sudah mendapatkan status EUA dari BPOM dan BPOM sudah mengkaji sangat lama. Bahkan izin ini sudah dikeluarkan BPOM jauh-jauh hari.

Penyuntikan vaksin kepada anak usia 6-11 tahun ini lanjutnya, dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh dibagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili.

“Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksanaan vaksinasi, terlebih dulu dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi,” terangnya, Jumat, 31/12/2021.

Vaksinasi untuk anak ini, tambahnya sangat penting karena anak merupakan mata rantai dari herd immunity. Apabila anak-anak ini sudah divaksin, maka mereka akan terlindungi dari ancaman paparan virus corona.

Sementara itu Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah ditempat terpisah mengatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi covid-19 baik bagi anak usia 6-11 tahun hingga vaksin dewasa dan lansia ini, akan terus dilakukan.

Hal ini lanjutnya, sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, untuk terus gencarkan serbuan vaksinasi menciptakan Herd Immunity (kekebalan kelompok) kepada masyarakat maritim dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 di Indonesia.

Untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun terangnya, merupakan langkah positif dari pemerintah dalam rangka melindungi anak dari covid-19. Selain itu, untuk meningkatkan rasa percaya diri orang tua ketika anak akan memulai pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Jadi yang penting kita harus dukung vaksinasi anak 6-11 tahun ini, terutama untuk meningkatkan percaya diri orang tua untuk menyekolahkan anaknya sehingga tidak khawatir lagi karena sudah terlindungi oleh vaksin covid-19,” tutur Gubernur AAL.

Ia menegaskan bahwa gelaran vaksin ini akan terus berlanjut dengan mengerahkan sumber daya yang dimiliki AAL, selain sebagai bakti TNI/TNI AL kepada bangsa dan negara, juga sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi AAL dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat.(KJ2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *