Pemprov Jatim Terima DAK Infrastruktur 2020 sekitar Rp 160 Miliar

oleh
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi.

KILASJATIM.COM, Surabaya – Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang infrastruktur dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2020 diperkirakan mencapai Rp 160 miliar.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Jatim, Wahid Wahyudi menjelaskan, anggaran DAK infrastruktur tahun 2020 mengalami peningkatan yang signifikan. “Tadi saya dapat informasi, jumlahnya naik. Tahun 2019 sekitar Rp 66 miliar, tahun 2020 sekitar Rp 160 miliar,” ungkapnya, Senin (18/11/19).

Wahid menjelaskan, kenapa anggaran DAK untuk Jawa Timur naik tinggi, karena ada program penanganan banjir dan irigasi yang memerlukan dana signifikan. Bantuan DAK infrastruktur dari APBN 2020 itu, diharapkannya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

BACA JUGA: Kementerian PUPR Apresiasi Kinerja Bank Jatim Salurkan Kredit KPR

Mantan Kadishub Jatim itu menuturkan, DAK infrastruktur 2020 perlu keterpaduan antara pemerintah pusat, provinsi, dan kab/kota khususnya terkait anggaran dan program. Pasalnya, penanganan infrastruktur banyak dialokasikan dari pelbagai anggaran. Mulai APBD Provinsi, APBD kab/kota, dan APBD Provinsi bantuan keuangan untuk kab/kota.

Wahid menegaskan, jaringan jalan dalam pembangunan infrastruktur perlu diprioritaskan. “Jalan yang menghubungan kawasan pelabuhan dan kawasan industri. Truk dari pelabuhan ke jalan nasional, provinsi dan kab/kota punya jalan yang daya dukungnya mumpuni. Sehingga truk bisa menaikkan muatan dan tidak merusak jalan,” pungkasnya. (kominfo/kj7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *