Pemkot Surabaya Bantu 270 unit APD ke Sejumlah Rumah Sakit Rujukan Covid-19

oleh
ILustrasi APD.

KILASJATIM.COM, Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur membantu 270 unit Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju pelindung ke sejumlah rumah sakit rujukan yang saat ini menjadi pusat penanganan Covid-19 di Kota Pahlawan itu.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, M Fikser, di Surabaya, Senin (30/3/20) mengatakan bantuan tersebut sudah dikirimkan ke sembilan rumah sakit sesuai dengan pengajuan permohonan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

“Pemkot Surabaya membantu beberapa rumah sakit berdasarkan kebutuhan masing-masing. Meskipun beberapa barang cukup langka dicari, namun pemkot terus berusaha memperoleh APD itu untuk keperluan tim medis,” katanya seperti dilansir antaranews.com, Senin 30 Maret 2020.

Adapun sembilan rumah sakit itu yakni RS Universitas Airlangga (RSUA), Katolik St. Vincentius, Siloam, dr Soetomo, Husada Utama, RS Haji, RS Islam Jemursari, Adi Husada Kapasari dan National Hospital.

BACA JUGA: Jombang Berstatus Darurat Corona Hingga Lebaran

Selain membantu baju APD, lanjut dia, Pemkot Surabaya juga membantu obat-obatan sebanyak 2.340 tablet, face shield total 800 pcs, masker N95 100 pcs, 50 kacamata google, dan 5 ribu lembar masker.

“Pemkot merespons rumah sakit yang membutuhkan peralatan itu. Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Surabaya juga turut memproduksi APD itu secara mandiri,” katanya.

Ia menjelaskan bantuan yang diberikan pertama kali adalah RSUA. Saat ini RSUA tengah membutuhkan beberapa alat medis, yakni masker, baju APD, kacamata google dan obat-obatan. Semua itu dibantu Pemkot Surabaya sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Sedangkan bantuan yang diberikan kepada RS Katolik St. Vincentius, kata Fikser, berupa obat-obatan. Kemudian, untuk RS Siloam yakni obat, face shield, baju APD yang diserahkan juga pada hari ini.

BACA JUGA: Gubernur dan Ulama Jatim ‘Mengetuk Pintu Langit’ Agar Bebas Corona

“Untuk RSUD dr Soetomo pemberian baju APD dan face shield pcs,” katanya.

Sementara itu, Fikser menyebut bantuan yang diserahkan kepada RS Husada Utama berupa face shield. Berikutnya, RS Haji menerima obat-obatan. Ketujuh, RSI Jemursari menerima face shield dan baju APD.

“Berikutnya RS Adi Husada Kapasari memperoleh face shield dan baju APD. Terakhir, National Hospital menerima obat-obatan,” ujarnya. (ant/kj8)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *