Pemkot Blitar Akan Gelar Ekskavasi Lanjutan Situs Candi Gedog

oleh -1.541 views
Tri Iman Prasetyono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar.

KILASJATIM.COM, Blitar – Kepastian ini didapat setelah Pemkot Blitar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sudah bertemu dan mencapai kesepakatan dengan pemilik lahan dan ahli waris pemilik makam, lokasi Situs Candi Gedog berada.

Tri Iman Prasetyono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar saat ditemui di kantornya, Rabu (29/01/2020) siang mengatakan, anggaran untuk proses ekskavasi lanjutan situs Candi Gedog yang mencapai Rp 131 juta, diperkirakan akan cair Februari 2020.

Anggaran itu akan digunakan untuk sewa lahan selama setahun, ganti untung tanaman yang terdampak ekskavasi tahap pertama dan pemindahan makam di area situs Candi Gedog. Karena dinilai terbatas, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Camat Sananwetan dan Lurah Gedog untuk menggerakkan warga agar bergotong royong ikut menggali saat proses ekskavasi.

BACA JUGA: Kementerian Kominfo Verifikasi Layanan 112 Kabupaten Blitar

Saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi langsung dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur terkait rencana ekskavasi lanjutan Situs Candi Gedog. Rencananya BPCB akan melakukan dua kali survei untuk menemukan bangunan utama candi.

“Kita sudah ada kesepakatan dengan warga, anggaran juga sudah ada konfirmasi, jadi kita usahakan Februari kita mulai lagi,” ujar Iman.

Seperti diketahui, Oktober 2019 tim BPCB Jawa Timur melakukan ekskavasi awal di Situs Candi Gedog. Tim menemukan pagar keliling candi, sementara bangunan utama candi diperkirakan masih terpendam di sekitar pohon beringin dalam pagar. (hms/kj20)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.