Pemkab Sidoarjo Proaktif Dukung Komitmen Anti Korupsi

oleh -292 Dilihat

Foto: Ist/Pemkab Sidoarjo

KILASJATIM.COM, Sidoarjo – Semangat dan gerakan anti korupsi menjelajah ke seluruh wilayah Indonesia. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeber roadshow ke kota-kota di berbagai provinsi dengan Bus KPK. Plt Bupati Sidoarjo Subandi mendukung KPK untuk menggalakkan pendidikan dan pencegahan korupsi.

Roadshow Bus KPK 2024 itu tiba di Kota Surabaya pada Kamis (13/6). Pembukaan roadshow dilakukan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Roadshow ini diharapkan mampu menggugah masyarakat agar semakin sadar tentang pentingnya memberantas korupsi.

Dari Surabaya, Bus KPK akan bersafari ke Kabupaten Bojonegoro dan Bangkalan, Madura. Wakil Ketua KPK Johanis Tanak hadir bersama Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK Bahtiar Ujang Purnama.

Kehadiran KPK disambut hangat di Provinsi Jawa Timur. Pada saat yang sama, dilakukan pula Rapat Koordinasi Peningkatan Upaya Pemberantasan Korupsi bersama seluruh kepala daerah di Jawa Timur.

Para petinggi Pemprov Jatim juga hadir. Diantaranya Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi, serta Wakil Kejaksaan Tinggi Jawa Timur hadir. Para bupati dan wali kota juga datang. Plt Bupati Sidoarjo Subandi tampak berada di tengah-tengah hadirin. Para Pejabat Pemprov Jatim menandatangani pakta integritas.

Kegiatan-kegiatan KPK ini menyentuh semua lini pemangku kepentingan di Jawa Timur. Legislatif, penyelenggara negara, pegawai negeri, pengusaha, mahasiswa, pelajar, hingga masyarakat umum.

”Ada 18 kegiatan yang bisa diikuti oleh masyarakat di Surabaya,” terang Wakil Ketua KPK Johanis Tanak.

Roadshow Bus KPK 2024 kali ini, tegas dia, juga membawa semangat ”Hajar Serangan Fajar”. Masyarakat diajak untuk menolak praktik politik uang pada Pilkada 2024 November mendatang. Bus KPK itu juga dilengkapi infrastruktur IT.

Baca Juga :  Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter 87, Gubernur Khofifah Potong Tumpeng dan Bagikan Bendera Merah Putih

Bus ini di desain untuk memberikan pendidikan antikorupsi. Fasilitas tersebut bisa dikunjungi dan diakses masyarakat, terutama pelajar. Mereka akan diberi bimbingan dan arahah terkait bagaimana membangun negara ini tanpa korupsi.

Plt. Bupati Sidoarjo Subandi menyatakan mendukung upaya pencegahan korupsi yang dilakukan KPK lewat Roadshow Bus KPK 2024 itu. Di Kabupaten Sidoarjo, lanjut Subandi, dirinya telah mendeklarasikan komitmen antikorupsi. Seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Sidoarjo terlibat. Mereka bersama-sama mendeklarasikan komitmen antikorupsi pada pertengahan Mei 2024 lalu.

”Poin deklarasi tersebut adalah bersama-sama berperan secara proaktif mencegah dan memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme. Selain itu, komitmen bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam menjalankan tugas,” terang Subandi.

Kepada para ASN di Pemkab Sidoarjo, Subandi berpesan agar komitemen antikorupsi itu dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Upaya pencegahan maupun pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme terus digelorakan.

”Deklarasi komitmen bersama antikorupsi menjadi langkah Kabupaten Sidoarjo menuju kabupaten yang bebas korupsi,” tegas Subandi. (sat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.