Pemkab Bojonegoro Gelar Bimtek untuk Tingkatkan SDM Pengelola BumDes

oleh
Bupati Bojonegoro memberikan paparanya.

KILASJATIM.COM, Bojonegoro – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (DPMD) menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi para pengelola badan usaha milik desa (BumDes) di Pendapa Malowopati Pemkab, Rabu (11/12/2019).

Kegiatan yang dibuka Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, wawasan, dan pengalaman para pengelola BumDes. Hadir dalam kegiatan itu antara lain Plt. Kepala Dinas DPMD, para Camat, Kepala Desa serta Ketua BumDes se-Kabupaten Bojonegoro.

Dalam kesempatan itu bupati menyampaikan, dengan adanya BumDes diharapkan akan mampu membangun perekonomian rakyat serta dapat menggali potensi-potensi desa yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat desa.

BACA JUGA: 25 PNS Bojonegoro Terima SK Purna Tugas

“Selain itu Pemdes juga harus tetap mengoptimalkan potensi desa masing-masing salah satunya potensi pariwisata karena ini sangat bermanfaat dan sangat berdampak pula pada perekonomian masyarakat desa,” ujar Bupati Anna.

Sementara itu, Kepala Plt DPMD Djuana Poerwiyanto, dari 419 desa di Kabupaten Bojonegoro yang memiliki BumDes Sebanyak 304 Desa. “Dan jumlah desa yang aktif dalam kegiatan BumDes sebanyak 166 dan yang kurang aktif sebanyak 46 desa. Sedangkan ada 114 desa yang belum ada BumDesnya,” katanya. Dia berharap untuk tahun depan 114 desa tersebut sudah memiliki BumDes dan turut serta aktif dalam pelaksanaanya pada tahun 2020.

“Ini sangat penting untuk mengoptimalkan potensi desa yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tungkasnya. (kominfo/kj21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *