Pemerintah Kanada Tertarik Investasi Di bidang Pertanian di Jatim

oleh -68 views

William Kendall Counsellor (Agriculture and Agrifood) and Regional Trade Commissioner to Indonesia and ASEAN Embassy of Canada dalam kunjungannya ke Kadin Jatim bersama Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto Selasa (7/6/2022)

KILASJATIM.COM, Surabaya – Pemerintah Kanada melalui
Counsellor (Agriculture and Agrifood) and Regional Trade Commissioner to Indonesia and ASEAN Embassy of Canada, William Kendall, berniat untuk invetasi di bidang pertanian di Jawa Timur karena memiliki keunggulan dibanding beberapa negara di ASEAN.

Hal ini diungkapkan William saat berkunjung ke Kantor Kadin Jatim. Menurutnya Jatim memiliki potensi luar biasa mulai dari potensi anak muda, hingga potensi pertanian.

“Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup bagus di ASEAN yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cepat,” kata William , Selasa (7/6/2022)

William mengaku, ingin mengetahui lebih detail terkait potensi sektor pertanian, perkebunan dan perikanan di provinsi itu, karena Jatim adalah salah satu lumbung pangan Indonesia.

“Seluruh potensi tersebut menjadi modal untuk mampu bersaing dengan negara lain dan juga dalam proses produksi. Beberapa komoditas pertanian yang berpeluang besar masuk ke pasar Kanada di antaranya adalah coklat, mangga, nanas, kopi dan komoditas perikanan,” ujarnya

Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto yang menerima kunjungan tersebut menyebut bahwa Jatim sangat terbuka dalam kerja sama perdagangan dan investasi, terlebih untuk sektor pertanian, karena Jatim memiliki berbagai potensi pertanian, mulai dari pertanian pangan, perkebunan, hingga perikanan.

“Ini adalah peluang yang sangat bagus bagi Jatim untuk menaikkan ekspor ke Kanada, apalagi neraca perdagangan Jatim dengan Kanada selama lima tahun terakhir selalu minus, Jatim kalah terus,” kata Adik.

Dengan adanya Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA), Kadin Jatim berharap realisasi perdagangan dengan Kanada bisa ditingkatkan, apalagi Jatim memiliki peluang ekspor produk pertanian.

pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, Hadi Sulistyo mengatakan akan mendorong ekspor komoditas pertanian sesuai permintaan Kanada, sebab hasil petani Jatim kini sudah berkualitas ekspor.

“Jatim butuh membangun industri menengah berbasis kemitraan. Dengan petani buah, dan dari Dinas Pertanian sudah melakukan pendampingan agar komoditas yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus,” imbuhnya.

Sementara itu, kunjungan perwakilan Kanada untuk Indonesia ke Kantor Kadin Jatim bertujuan menjalin kerja sama perdangan dan investasi. Hadir dalam acara itu Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Promosi dan Perdagangan Internasional Kadin Jatim, Tommy Kaihatu, WKU Bidang Investasi Kadin Jatim, M Turino Junaedi, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, Hadi Sulistyo, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim, Dyah Wahyu Ermawati, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jatim Heru Suseno dan sejumlah pebisnis pertanian dan perwakilan petani Jatim. (kj2)

No More Posts Available.

No more pages to load.