Pasar Tradisional Diharapkan Mampu Perkuat Perekonomian Masyarakat di Lumajang

oleh
Bupati Lumajang meresmikan Bangunan Revitalisasi Pasar Pronojiwo.

KILASJATIM.COM, Lumajang – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengharapkan, agar pasar tradisional dapat memperkuat perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lumajang.

“Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab, red) Lumajang akan terus melakukan perbaikan dan pembenahan sarana dan prasarana untuk peningkatan pada bidang ekonomi masyarakat,” ungkapnya saat meresmikan Bangunan Revitalisasi Pasar Pronojiwo, Kamis (26/12/2019).

Cak Thoriq juga mengungkapkan, bahwa pihaknya masih akan terus melakukan perbaikan dan pembenahan banyak hal. Dan, program pemerintah untuk merevitalisasi pasar juga akan dilakukan di tempat yang lainnya, supaya masyarakat yang memiliki penghidupan di pasar lebih mendapatkan peningkatkan ekonomi yang baik.

Lanjut dia, untuk mendukung perekonomian masyarakat, pihaknya sudah mengeluarkan kebijakan untuk tidak memberikan izin mendirikan Toko Modern maupun Mini Market. Hal tersebut, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

BACA JUGA: Lumajang Terapkan Smart City di Tahun 2020

“Tidak ada lagi izin baru untuk mendirikan Toko Modern maupun Mini Market di Lumajang sekarang. Ke depan juga tidak akan ada izin baru, stop!,” tegasnya.

Selain itu, diungkap Cak Thoriq, dari kunjungannya yang ketiga kali di Pasar Pronojiwo, bahwa dirinya menilai Pasar Pronojiwo telah banyak perubahan yang siginifikan, mulai ada peningkatan dari segi penataan dan kebersihan pasar. Dengan begitu, masyarakat yang akan berbelanja semakin nyaman.

Sementara itu, Camat Pronojiwo Alfian mengatakan, bahwa saat ini Kecamatan Pronojiwo mulai berbenah di segala sisi. Menurutnya, dengan potensi wisata maupun pertanian yang dimiliki, Pronojiwo akan berupaya untuk menjadi daerah unggulan wisata dan budaya yang bisa mendatangkan para wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kami sepakat, Pronojiwo nantinya akan menjadi kecamatan budaya dan wisata,” katanya.

BACA JUGA: Berantas Katarak, Pemkab Lumajang Siap Kerjasama dengan JFF

Ia juga mengatakan, bahwa untuk mendukung terwujudnya hal tersebut dan menciptakan kenyamanan para wisatawan, pihaknya juga akan mengoptimalkan Pasar Pronojiwo, baik dari kebersihan maupun tata kelola pasarnya.

Sementara, Perwakilan Pedagang Pasar Endah Puspa Ningrum menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang yang telah melakukan perbaikan, sekaligus pembangunan pada beberapa kios di Pasar Pronojiwo.

“Saya mewakili para pedagang mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah melakukan pembangunan pasar pronojiwo. Semoga program revitalisasi pasar ini berlanjut agar ke depan lebih bagus,” ujarnya.

Selain itu, Endah juga berharap agar pemerintah memberikan pembinaan dan pendampingan kepada para pedagang, sehingga bisa bersaing dengan pasar modern di zaman yang serba digital seperti saat ini. (kominfo/kj13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *