Partai NasDem Jatim Gelar Berbagai Even Sambut Hari Santri 2021

oleh

KILASJATIM.COM, SURABAYA – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat Jawa Timur (NasDem) Jatim, akan menggelar berbagai acara dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional yang diperingati pada 22 Oktober 2021. Mulai dari seminar, hingga perlombaan.

Mewakili Sri Sajekti Sudjunadi selaku Ketua DPW Nasdem Jatim, Wakil Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Timur, Vinsensius Awey menjelaskan, bahwa penetapan Hari Santri Nasional pada tgl 22 Oktober itu adalah berdasarkan pada Keputusan Presiden.
“Nomor 22 Tahun 2015, yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta,” ujarnya, Rabu (6/10/2021).

Awey menambahkan bahwa Hari Santri Nasional ini merujuk pada satu peristiwa bersejarah, yakni seruan yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945.

“Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk jihad melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi kemerdekaan,” ceritanya.

Menurut Awey, panggilan akrab Vinsensius Awey bahwa Hari Santri Nasional tidak hanya merujuk pada kalangan tertentu saja akan tetapi merujuk pada semua yang dalam tubuhnya mengalir darah merah putih dan bernapaskan ideologi Pancasila.

“Sebagaimana resolusi jihad yang dilakukan oleh santri dan ulama bersatu serta berkorban untuk mempertahankan Indonesia dari jajahan,” imbuhnya.

Lewat Resolusi Jihad, lanjut Awey, kaum santri dan ulama menentukan suatu sikap dan tindakan yang nyata terhadap usaha-usaha yang akan membahayakan keutuhan bangsa yang merdeka.

Maka dari itu, dalam peringatan HSN kali ini sesuai dengan tema nasional HSN 2021 “Santri Siaga, Jiwa Raga” memiliki pesan yang cukup dalam bagi semua sebagai anak bangsa untuk selalu terpanggil siap siaga membela tanah air.

“Mempertahankan persatuan kesatuan,  mengisi kemerdekaan dengan bergotong royong mengangkat harkat hidup orang banyak, pembangunan SDM yang tangguh berintegritas, pengembangan ekonomi kerakyatan dan  mewujudkan perdamaian dunia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Satgas HSN 2021 DPW Nasdem Jatim Ipong Muchlissoni menuturkan, berbagai perlombaan dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2021, antara lain lomba Santri Menulis, Khitobah atau Pidato.

Selain itu, juga lomba Cover Sholawat, Desaign Busana Muslimah dari bahan sarung, lomba Tiktok dan lomba Quote. Semua yang menang, lanjut Ipong, akan ditampilkan saat puncak peringatan Hari Santri Nasional. “Lomba dimulai hari ini, tanggal 6 Oktober sampai tanggal 16 Oktober 2021,” terangnya.

Selain lomba, NasDem Jatim juga menggelar serangkaian acara, seperti Sentra vaksinasi nasdem peduli di puluhan Ponpes yang ada di 12 kabupaten / kotamadya di Jawa Timur. “Dan telah melayani 90.000 dosis vaksin bagi santri dan masyarakat,” imbuhnya.

Pada tanggal 14 Oktober 2021 nanti, Nasdem Jatim menggelar Seminar Nasional “Gelar Pahlawan Nasional bagi KH Syaikhona Kholil, Guru para pahlawan. Dan menggelar Seminar Santri Preunership pada tanggal 19 Oktober 2021.

“Tepat 22 Oktober 2021 akan dikumandang Sholawat Nariyah bagi seluruh DPD Kabupaten dan kotamadya Nasdem se Jawa Timur,” imbuhnya.

Kemudian, tepat pada 22 Oktober 2021 juga, akan digelar Happening Art Santri Merah Putih seluruh DPD Nasdem Kabupaten & Kotamadya se Jawa Timur. Dan puncak acara, digelar Ngaji Kebangsaan bersama Gus Muwafiq.#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *