Pandemi Covid -19 Tingkatkan Transaksi Digital, Uang Kartal Tumbuh 7,53 Persen

oleh

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (ist)

KILASJATIM.COM, Jakarta  –Gubernur Bank Indonesia Pery Warjiyo menyampaikan di saat pandemi  Covid – 19 sistem pembayaran tunai maupun

non tunai terjaga dengan baik.

Bahkan posisi uang kartal Uang kartal yang Diedarkan (UYD) per Maret 2020 tumbuh sekitar 7,53 persen dan terjadi peningkatan transaksi digital .

“Pertumbuhan ini jauh lebih cepat dari pada bulan sebelumnya. percepatan tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di periode penanggulangan Covid-19,” kata Perry, di Jakarta, Rabu (15/04/2020)

Namun demikian, pembayaran masyarakat menggunakan transaksi digital pada Maret 2020 diperkirakan meningkat sejalan kenaikan kebutuhan transaksi ekonomi dan keuangan digital (EKD) di periode pembatasan mobilitas masyarakat.

“Saya mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan oleh pelaku EKD untuk mendorong penggunaan pembayaran nontunai, termasuk mendukung program pemerintah dalam menyalurkan dana bantuan sosial melalui pembayaran nontunai,” kata Perry Warjiyo.

Sementara itu transaksi non tunai menggunakan ATM, Kartu Debit, Kartu Kredit, dan Uang Elektronik pada Februari 2020 terlihat menurun sejalan dengan terjadinya penurunan aktivitas ekonomi.

“Saya mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan oleh pelaku EKD untuk mendorong penggunaan pembayaran nontunai, termasuk mendukung program pemerintah dalam menyalurkan dana bantuan sosial melalui pembayaran nontunai,” jelasnya.
Upaya yang ditempuh pelaku EKD ini tidak hanya mendukung akitivitas ekonomi sehari-hari tetapi juga meningkatkan efisiensi perekonomian.

Ke depan, Bank Indonesia bersama PJSP akan terus memperkuat transformasi digital untuk ekonomi Indonesia melalui penerapan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, termasuk peningkatan akseptasi QRIS secara meluas di merchant UMKM dan pasar tradisional, lembaga pendidikan, lembaga sosial dan tempat ibadah. (kj8)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *