Pameran Batik Bordir & Aksesoris Fair Dibuka, Terbesar dan Terlengkap

oleh -961 Dilihat

Foto : Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak saat memberi sambutan pada BBA Fair 2023 di Grand City Surabaya

 

KILASJATIM.COM, SURABAYA: Opening Ceremony “The Best Typical Fashion of Indonesia for the World” Batik Bordir & Aksesoris (BBA) Fair 2023 ke-18 telah resmi dibuka. Giat tersebut resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timur yang diwakili Sekda Prov Jatim bersama Ketua Dekranasda Jawa Timur dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim di Grand City Surabaya. Rabu, (08/3/2023) sore.

Dalam sambutan Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak, ia mengajak Ketua Dekranasda Kota dan Kabupaten di Jatim untuk hadir dan tampil diajang fashion show dengan menggunakan batik khas daerah masing-masing.

“Jadi biar meriah biar menarik, ayo tampil bersama. Apalagi yang dihadirkan disini juga batik, bordir dan aksesoris khas dari masing-masing daerah di 38 kota dan kabupaten di Jatim,” ungkap istri Wakil Gubernur Jatim tersebut.

Pameran BBA yang berlangsung hingga Minggu (12/3/2023) ini, merupakan ajang pameran tahunan yang di tahun ini mengembil tema “Kilau Suwarna Kriya Nusantara”. Menampilkan berbagai produk batik, bordir, dan aksesoris, yang tidak hanya dari Jatim saja, tapi juga dari berbagai daerah lain di Indonesia.

Namun sebagai tuan rumah, Arumi memberi kesempatan Ketua Dekranasda Kota dan Kabupaten yang mayoritas ibu atau istri dari Walikota atau Bupati, untuk ikut tampil mempromosikan ketiga jenis produk kerajinan ini.

Tercatat ada 100 peserta yang menempati stan-stan pameran, dan terbagi menjadi produk batik, bordir, dan aksesoris. Dan terlihat jajaran pimpinan daerah yang hadir mulai Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, dan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Baca Juga :  Gubernur Bali Wayan Koster Angkat Suara Soal Batalnya Piala Dunia U-20

Didampingi Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, Arumi membeberkan, bila saat ini adalah momentum yang tepat bagi UMKM sektor kerajinan untuk kembali bangkit.

“Ekonomi sudah mulai membaik, dan saat ini yang tepat untuk bisa meningkatkan penjualan dibanding tahun lalu,” papar Arumi.

Apalagi di 2023 ini, aturan-aturan yang membatasi kegiatan masyarakat sudah dicabut. Arumi optimis, masyarakat akan kembali aktif melakukan kegiatannya, dan itu akan berdampak pada pergerakan ekonomi yang kembali bergerak.

“Tentunya dari hal itu, sektor UMKM kerajinan akan terdampak positif,” ungkap Arumi.

Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono juga menegaskan dukungan Pemprov terkait pengembangan UMKM ditengah ekonomi yang membaik ini.

“Kami sangat mendukung UMKM Jatim untuk bangkit lagi, mengingat kontribusinya pada pertumbuhan ekonomi Jatim besar. Dimana ada 7,7 juta UMKM Jatim yang berpotensi untuk naik kelas hingga bisa masuk ke pasar internasional,” ungkap Adhy, didampingi Kadis KopUKM Jatim, Andromeda Qomariah.

Arumi, Adhy Karyono dan Andromeda pun sepakat, bila kegiatan pameran bisa mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

“Apalagi pemerintah juga mencanangkan program Bangga Buatan Dalam Negeri. Kami pasti akan memberi dorongan ke program tersebut melalui UKM-UKM Jatim,” urai Andromeda.

Salah satu peserta pameran, stand batik dari Ponorogo, Istirokah mengaku sangat antusias dengan pameran BBA ke-18 di 2023 ini.

“Sangat antusias dan optimis ya. Semoga banyak pengunjung, karena juga mau Ramadhan dan Lebaran,” kata perempuan yang juga anggota Deskranasda Kab. Ponorogo tersebut.

Dia juga cukup senang karena bisa menunjukkan karya batik khas Ponorogo sambil menjaring pembeli.

“Adanya kegiatan ini bisa membantu para pelaku UMKM yang menjual batik khas Ponorogo dengan ciri merak dan reog. Kami tampil juga bisa menunjukkan batik ponorogo tidak kalah dengan daerah lain yang memiliki batik yang bagus dan cantik untuk digunakan,” sambugnnya.

Baca Juga :  Pastikan Kasus Monkeypox di Jatim Nihil, Gubernur Khofifah Imbau Warga Tenang dan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

yang dibuka gratis bagi pengunjung itu juga diisi dengan kegiatan menarik lainnya. Di antaranya fashion show atau talkshow tentang mode fashion nusantara, lomba-lomba, dan pembagian doorprize bagi pengunjung maupun peserta pameran yang menarik. (ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.