Operasi Sikat Semeru 2024, Polda Jatim Tangkap 1.120 Tersangka dari 1.380 Kasus Kriminal

oleh -608 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jawa Timur, Kombes Pol. Dirmanto, menyebutkan bahwa operasi Sikat Semeru 2024 berhasil menorehkan banyak prestasi dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Jawa Timur.

“Tujuan dari operasi ini adalah agar Polda Jawa Timur terus melakukan upaya menjaga situasi Kamtibmas ini agar terus terjaga dan terjamin dengan baik,” kata Kombes Dirmanto.

Di sisi lain, Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jatim, Kombes Pol. Totok Suharyanto, menambahkan bahwa dari jumlah kasus yang berhasil diungkap, terdapat 270 kasus yang menjadi target operasi (TO) dengan 316 tersangka, serta 1.110 kasus non-TO dengan 804 tersangka.

Lebih lanjut, Kombes Pol. Totok memaparkan barang bukti yang berhasil diamankan, meliputi 207 unit sepeda motor, 21 unit mobil, dan 2 unit truk.

“Analisis berkaitan dengan operasi Sikat Semeru 2024 ini sangat membanggakan, karena ungkap kasus TO hampir mencapai 100 persen, sedangkan non-TO mencapai 420 persen,” ujar Kombes Totok.

Pengungkapan tertinggi adalah kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dengan 605 kasus dan pencurian dengan pemberatan (Curat) dengan 530 kasus.

“Ada kasus yang cukup menonjol yang berhasil kami ungkap, yaitu kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) dengan dua tempat kejadian perkara (TKP),” terangnya.

Ia menjelaskan, dua TKP tersebut adalah di Grati Pasuruan pada 12 November 2021 dan di Sidoarjo pada 17 Februari 2022.

“Tersangka berinisial SF alias P sudah kami proses,” kata Kombes Totok.

Menurut Kombes Totok, perbandingan tren gangguan Kamtibmas pada periode Operasi Sikat Semeru 2023 dibandingkan dengan periode Operasi Sikat Semeru 2024 mengalami penurunan sebesar 6,65 persen.

Baca Juga :  Identitas Mayat Wanita Membusuk Ditemukan dalam Tas di Gresik Sudah Diketahui 

“Hasil analisis dan evaluasi (Anev) Operasi Sikat Semeru 2024 ini menunjukkan bahwa Polda Jatim mampu menurunkan angka tingkat kriminalitas sebanyak kurang lebih 6,65 persen,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam Operasi Sikat Semeru 2024 kali ini, Polda Jatim melibatkan sebanyak 3.206 personel. Dari total jumlah personel tersebut, terdiri dari 275 personel Satgas Polda Jatim dan 2.931 personel Satgas Satwil jajaran. (nug)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.