NBA Junior Undang 2000 Guru se Jawa Timur Ikut Akademi Pelatihan Basket 

oleh -1.740 views

Lebih dari 1.700 pelatih dan guru olahraga mendapatkan pelatihan olahraga melalui Akademi Pelatih Jr. NBA, yang diselenggarakan di GOR CLS Kertajaya, Surabaya. Para peserta menerima berbagai teknik basket tingkat starter, dimana materi yang diajarkan melingkupi permainan tim, bagaimana menyerang, dan bertahan yang baik. Beberapa teknik yang diajarkan adalah penguasaan bola, mengoper, menembak, olah kaki & pembinaan fisik, rebound, menyerang, dan bertahan.

KILASJATIM.COM, Surabaya  – Sedikitnya 2000 guru  olahraga dari 10 se-kabupaten/kota di Jawa Timur mengikuti Akademi Pelatih Jr. NBA di GOR Kertajaya Surabaya  Senin (10/02/2020).

Guru olahraga tingkat TK, SD, SMP, dan SMA ini diberikan pelatihan basket secara dasar, mulai dari pergerakan tanpa bola, mendribble, beberapa aspek dalam teknik satu lawan satu dan bermain bertahan. Selain itu ada juga teknik bertahan, menyerang dan cara menembak yang tepat.

Para guru begitu antusias mengikuti gerakan yang diperagakan oleh pelatih cantik dari NBA Jr Asia Coach, Natalia Andre. Natalia sangat bersemangat menjawab pertanyaan dan memeragakan beberapa gerakan basket pada para peserta.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Timur, Supratomo yang ditemui setelah melakukan shoot bola mengatakan kegiatan tersebut bisa memotivasi para pemuda atau siswa-siswa untuk lebih tertarik ke basket dan tidak perlu minder karena tinggi badan.

“Fisik, sebenarnya tidak ada hubungannya. Dengan adanya ini pihaknya berharap para guru olah raga bisa belajar bersama teknik-teknik dan bisa diajarkan ke para siswa. Selain itu juga, banyak pelajaran yang didapat dari bermain basket, seperti sportifitas dan kerja tim,” kata Supratomo.

Magdalena, pengajar di SDK St. Theresia 2, Surabaya mengatakan, saat berlatih sebelumnya, anak-anak  merasa shooting/mencetak poin itu susah, namun hal itu berubah setelah saya mencoba menerapkan teknik basket yang didapatkan dari program Akademi Pelatih Jr. NBA.

“Dengan perumpamaan nama-nama hewan, teknik bermain basket yang benar dapat diajarkan dengan lebih menyenangkan,” ucap Magdalena, yang telah mengajar di SDK St. Theresia 2, Surabaya selama 25 tahun.

 Jr. NBA Asia Coach, Natalia Andre bersama para pelatih lainnya; (keempat kanan) Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Jawa Timur, Drs. Supratomo, M.Si., beserta segenap jajaran pemerintah membuka acara Akademi Pelatih Jr. NBA yang diadakan di GOR CLS Kertajaya, Surabaya.

Junaidi, peserta lainnya,  SDN Simolawang Kip no 156, Surabaya mengaku senang dapat mengikuti program Akademi Pelatih Jr. NBA sebanyak dua kali. Ia pun mengapresiasi komitmen NBA untuk secara rutin mengadakan program kunjungan sekolah. Ke depannya, ia berharap NBA dan Dinas Pendidikan Jawa Timur dapat lebih banyak mengadakan kompetisi basket di tingkat sekolah dasar.

Sebagaimana diketahui, National Basketball Association (NBA) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan Akademi Pelatih Jr. NBA (Jr. NBA Coaches Academy), yang bertujuan untuk semakin mengembangkan olahraga basket lokal melalui pelatihan lapangan, penguatan dan pengkondisian tubuh, serta pendidikan basket.

Akademi pelatih Jr. NBA hingga saat ini telah menjangkau lebih dari 45.000 guru dari 35.000 sekolah di 25 kota dan provinsi di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Yogyakarta.

Setelah ini, Natalia mengatakan pihaknya akan mengunjungi beberapa sekolah secara bergilir, dan mengajari langsung pada para siswa tentang beberapa teknik dalam basket.

Akademi pelatih NBA Jr bertujuan untuk semakin mengembangkan olah raga basket lokal melalui pelatihan lapangan, penguatan, dan pengkondisian tubuh dan pendidikan basket. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.