Mudahkan Masyarakat, Kini Sensus Penduduk Dilakukan Secara Online

oleh
Bupati Lumajang Thoriqul Haq ikut mensukseskan sensus penduduk 2020.

KILASJATIM.COM, Lumajang – Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengatakan, saat ini Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 melakukan sensus penduduk dengan cara melalui aplikasi dalam jaringan (online).

“Saat ini, Badan Pusat Statistik tengah melakukan sensus penduduk secara online sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Hal ini dilakukan agar memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan input data kependudukannya,” kata dia saat dimintai keterangan usai beraudiensi dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Lumajang, bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Jumat (13/3/2020).

Cak Thoriq juga mengatakan, bahwa dirinya mengajak seluruh pihak untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk tahun 2020, sehingga pelaksanaan sensus penduduk secara online yang dimulai pada tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA: SKAB Dijual di Luar Ketentuan, Bupati Lumajang Sidak Tambang Pasir Pandanarum

“Sensus penduduk, kini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui online, yang harus dilakukan pertama tentu perangkatnya harus terpenuhi baik laptop, komputer maupun handphone yang sudah terkoneksi dengan internet. Selanjutnya yang dibutuhkan adalah Kartu Keluarga, Buku Nikah, dan KTP, karena ini menjadi landasan untuk mengisi secara online dalam proses sensus penduduk online,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Cak Thoriq, bahwa nantinya petugas dari Badan Pusat Statistik juga akan datang ke rumah-rumah warga untuk melakukan sensus kepada setiap anggota keluarga yang ada di rumah tersebut, untuk dimintai data, dan itu yang menjadi standar untuk sensus secara nasional.

“Untuk itu, ayo kita sukseskan sensus penduduk dari tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Saya saja sensus, masak kamu tidak,” ajak dia. (kominfo/kj13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *