Mimpi Pemuda Desa Untuk Daerahnya, Optimis Terwujud Melalui Teman Kreasi Bojonegoro Powered by Smartfren Community

oleh -41 Dilihat

Didik Jatmiko (T-Shirts merah)

KILASJATIM. COM Surabaya –
Sebagaimana janji dan komitmen Smartfren sebagai salah satu operator yang berkembang di Indonesia, yakni mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki kalangan komunitas, seperti memberikan pelatihan untuk mengoptimalkan kemampuan (skill), dan bagaimana cara manajemen bisnis yang bisa diterapkan setelahnya.

Janji itu yang terus diupayakan Smartfren dengan membentuk yang namanya Smartfren Community yakni komunitas sebagai wadah pendukung kegiatan ekonomi, edukasi dan sosial masyarakat berhasil menjadi pelopor pelaksanaan program corporate social responsibility (CSR) berbasis pengembangan komunitas terintegrasi.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, Smartfren Community wujud dari semangat kolaborasi serta visi Smartfren dalam membuka berbagai peluang baru di masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan anggota komunitas dan masyarakat sekaligus membuktikan bahwa kolaborasi antara anggota komunitas, pelanggan, masyarakat, dan perusahaan dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Semoga di masa yang akan datang kolaborasi ini dapat memberikan dampak positif berkelanjutan di seluruh pelosok tanah air,” ujar Djoko Tata Ibrahim.

Dari sekian banyak. Smartfren Community yang terbentuk secara merata di seluruh Indonesia, salah satunya yang berhasil saya temui adalah Didik Jatmiko dengan aktivitas sehari-hari menekuni dunia blog dan YouTube serta media sosial lainnya. Lahir dan besar di sebuah Kabupaten kecil, namun kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) berupa Migas dan terkenal dengan sebutan Kota Ledre yaitu Bojonegoro.

Pria yang masih lajang ini pun lantas mengisahkan bagaimana awalnya bergabung dengan komunitas salah satu operator berbendera Smartfren tersebut.

“Pertama kali saya mengikuti kegiatan Gathering Smartfren Community di Kota Pahlawan Maret 2017 bertemu dengan Om Rinaldy selaku Leader Smartfren Community Surabaya. Beruntung saat ada lomba live tweet saya terpilih sebagai salah satu pemenang dan berhak atas hadiah berupa MiFi Andromax M3Z,” ujar Didik mengawali kisahnya.

Tepat pada peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019 dalam acara Launching Smartfren Community Bojonegoro, Didik dipercaya dan dikukuhkan sebagai leader Smartfren Community Bojonegoro oleh Head of Community Development PT. Smartfren Telecom Tbk, Dani M Akhyar.  Sejak saat itu, Bojonegoro resmi menjadi bagian Smartfren Community Regional Kota Ke-40.

Kegiatan Bersama Adsense Secret Bojonegoro – 19 Januari 2020 ( ist)

Lalu apa upaya Didik Jatmiko agar smartfrem community Bojonegoro tersebut bisa muncul dan dikenal lebih jauh lagi oleh warga di wilayahnya sendiri, Didik pun berinisiatif membuat akun media sosial resminya, baik itu di facebook, twitter, instagram ketik saja @sfcombojonegoro sementara untuk blognya bisa diakses melalui https://sfcombojonegoro.blogspot.com

Seabrek kegiatan pun dirangkum dalam program yang tidak jauh berbeda dengan program Nasional Smartfren Community.

” Di Bojonegoro, program kegiatan dibagi dalam beberapa hal yaitu Smartfren Community Bojogoro Goes To Campus, Smartfren Community Bojogoro Goes To School, Smartfren Community Bojogoro Goes To Village, Smartfren Community Bojogoro Goes To Community, Smartfren Community Bojogoro Goes To Class, Smartfren Community Bojogoro Goes To Vlog, ” bebernya.

Keinginan Didik Jatmiko terhadap daerahnya adalah agar warga masyarakatnya melek internet secara menyeluruh. Meski tinggal di daerah pedesaan namun kalau urusan tehnologi sedapatnya warga setempat bisa, dan Didik secara sukarela akan memberikan pelatihan.

Dimulai dari Smartfren Community Bojogoro Goes To Campus pertama kali dilakukan dengan menyasar Universitas Bojonegoro (UNIGORO). Kenapa. Dipilih kalangan mahasiswa, alasannya cukup tepat, kelak para mahasiswa yang mengikuti pelatihan yang diberikan dari komunitas tersebut bisa ditularkan kepada warga sekitar dengan mudah.

“Kegiatan awal di kampus ini dikemas dalam bentuk Talkshow
dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia “Bersama Masyarakat Meraih Sukses, Kita Peduli – Generasi Terlindungi” di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bojonegoro (UNIGORO),” jelasnya.

Kemudian dalam bentukan Smartfren Community adalah Bojonegoro Goes To School bertepatan dengan hari jadi Bojonegiro ke 342 tepatnya pada
20 Oktober 2019 . Kegiatan ini bersinergi dengan Pramuka Gudep SMKN Ngraho ini dikemas dalam Jambore On The Air – Jambore On The Internet (JOTA JOTI) yang diikuti oleh 86 peserta dari berbagai sekolah, seperti : SMKN Ngraho, SMKN Kasiman, SMKN Margomulyo, SMAN Kasiman, MAN 3 Bojonegoro, MA Plus Al Hadi Padangan, dan 1 sekolah dari SMK NU Kedungtuban, Blora – Jawa Tengah.

“Di acara ini saya berbagi materi tentang Jurnalistik,  Literasi Digital dan mengenalkan tentang Smartfren Community. Kegiatannya dikemas dalam bentuk Literasi Digital “Cerdas Bermedia Sosial di Era Revolusi Industri 4.0” diikuti oleh 150 siswa yang terdiri pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), siswa kelas 7, 8, dan 9. Acara dihadiri oleh Kepala MTs Islamiyah Temayang, Dra. Shofiyatun, Pengurus Yayasan, HM. Asrory Nadlim, BA, S.Pd.I, Waka Kurikulum, Yani, S.Kom,” papar Didik.

Berbagai program yang sudah disiapkan dengan matang dan penuh dengan tekad membangun negeri terutama putra daerah dan ibu ibu sekitar. Untuk mewujudkannya , seperti diungkapkan Didik tentu saja tidak mudah, dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi yang positif sehingga mampu menjawab tantangan untuk memajukan desa melalui teknologi.

“Tentunya dengan tanpa meninggalkan adat dan tradisi agar memunculkan generasi milenial desa yang tak gagap akan teknologi. Dan solusinya yaitu bersinergi dengan Smartfren Community ini. Beruntung saya menjadi bagian dari komunitas ini yang bisa saya bagikan untuk warga,” kata Didik yang optimis dengan adanya dukungan dari Community Development PT. Smartfren Telecom Tbk akan menjadi spirit untuk terus bergerak, berkarya, mengabdi dan memberikan manfaat yang nyata untuk masyarakat melalui pelatihan, pendampingan dan pemberdayaan.

Dan satu lagi tekad pemuda yang penuh ide kreatif ini, dengan melemparkan program Smartfren Community Bojonegoro Goes To Class.

Posyandu Remaja Desa Grebegan bersama PSKK UGM (ist)

Disaat negara ini tak terkecuali Bojonegoro terkena pandemi covid 19, Rumah Kreatif Smartfren Community Bojonegoro juga mengisi kegiatannya melalui kelas online yang dilaksanakan melalui akun media sosial Smartfren Community.

“Warga tidak hanya merenung tanpa kegiatan di rumah, mereka aktif dalam kelas yang disediakan. Ada 3 kelas yang digelar selama pandemi ini, yakni merintis channel youtube dari Nol, Bersaing di halaman pencarian You tube dan Non Stop promosikan potensi desa bersama KIM. Memang hanya 3 kelas yang kita sajikan dengan harapan setiap peserta yang mengikuti kelas ini mampu menerapkan ilmu yang dibagikan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya,” urainya.

Didik pun berangan angan buka peluang bersama Smartfren Community, bisa menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk menjadi lebih produktif, energik dan berdaya saing.
Teman Kreasi Bojonegoro Powered by SmartfrenCommunity Bojonegoro resmi diluncurkan pada hari Sabtu (18/01/2020) dengan semangat yang melatarbelakangi berdirinya Teman Kreasi Bojonegoro Powered by Smartfren Community di Bojonegoro yaitu dengan masuknya teknologi ke desa harus dimanfaatkan dengan baik oleh generasi milenial untuk memajukan desa di era revolusi industri 4.0.

Semangat buka peluang bersama Smartfren Community, kuncinya Sinergi dan Kolaborasi. Melalui Teman Kreasi Powered by Smartfren Community Bojonegoro ini Didik berharap Teman Kreasi Bojonegoro bisa menjadi wadah mengembangkan kreativitas dan menjadi pusat pelatihan masyarakat khususnya di bidang pengembangan teknologi bagi masyarakat desa.

“Saya bermimpi dan bercita-cita, Teman Kreasi Bojonegoro Powered by Smartfren Community Bojonegoro memiliki ruang kreatif khusus, meskipun sederhana namun di dalamnya berisi 5-10 komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet smartfren sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat sekitar untuk pelatihan dan pemberdayaan teknologi bagi masyarakat desa khususnya perempuan dan umkm desa sehingga mereka memiliki kemampuan, kapasitas, naik kelas dan menemukan peluang di masa depan, ” pungkas Didik penuh optimis.

Buka Peluang Smartfren Community – Leader yang berhak menerima reward di Gathering Nasional 2020 ( ist)3

Dalam kesempatan terpisah, Dani Akhyar, Head of Community Development Smartfren, mengatakan bahwa program Teman Kreasi Indonesia adalah tonggak bagi upaya Smartfren mewujudkan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dan internet.

Program Teman Kreasi Indonesia sejatinya merupakan bentuk kolaborasi antara misi perusahaan, produk, serta kekuatan komunitas. Hal itu terlihat dari Smartfren (perusahaan), WOWLabs (produk), dan Smartfren Community (komunitas).

Peserta program Teman Kreasi Indonesia juga bakal mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online.

“Dengan dukungan jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 100 kota di wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100 persen lokal, sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat, ” tutupnya. (Nova)

No More Posts Available.

No more pages to load.