Lereng Sungai Lahar di Kelurahan Kauman Longsor

oleh
Plt. Wali Kota, melakukan pemngecekan lokasi longsor.

KILASJATIM.COM, Blitar – Hujan deras yang mengguyur Kota Blitar, Senin  (16/12/2019), mengakibatkan lereng sungai lahar di wilayah Kelurahan Kauman, Kota Blitar longsor.

Parminto, Camat Kepanjenkidul Kota Blitar mengatakan, longsor di lereng sungai lahar Kelurahan Kauman disebabkan dua dapur bambu ori yang runtuh, akibat kontur tanah tidak stabil dan hujan deras. Setelah melakukan pengecekan bersama Plt. Wali Kota, Selasa pagi (17/12/2019), memang longsornya tidak menimbulkan kerugian ataupun korban jiwa.

Namun demikian, karena masuk wilayah yang padat penduduk, harus dilakukan langkah pencegahan. Parminto menegaskan, Selasa pagi, Pemerintah Kota melalui Bakesbangpol dan PBD, didukung personil Taruna Tanggap Bencana (Tagana) dan Koramil, membersihkan longsoran agar tidak mengganggu aliran sungai.

“Meskipun ini adalah bencana, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tidak ada kerugian material karena jaraknya hanya 2-5 meter, yang kena hanya bambu dapur ori. Tapi kalau tidak segera diatasi dan curah hujan semakin tinggi, bisa saja merembet ke pemukiman warga,” kata Parminto.

BACA JUGA: BPBD Kabupaten Blitar Gelar Rakor Geladi Lapang Bencana Tsunami    

Sementara itu Supriadi, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Daerah, Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar mengatakan pihaknya telah mengatakan titik rawan di sepanjang aliran sungai lahar. Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada, tidak membuang sampah rumah tangga di sungai, dan menghindari aktivitas disekitar sungai.

“Untuk warga yang tinggal di sepanjang aliran sungai tetap waspada, tidak membuang sampah rumah tangga secara sembarang ke sungai,” jelas Supriadi.

Sebagai langkah antisipasi longsor susulan, Supriadi mengaku telah berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk melakukan perbaikan atau membangun talud di Kelurahan Kauman. (hms/kj22)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *