Lepas Kirab Budaya Laskar Gajah Mada, Wagub Emil Titip Salam Persaudaraan dari Jatim untuk Indonesia

oleh -954 Dilihat

KILASJATIM.COM, Surabaya – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak melepas ratusan pesepeda ontel yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Jatim dalam Kirab Budaya Laskar Gajah Mada di depan Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya pada Rabu (30/8) pagi.

Kepada para anggota KOSTI Jatim, Wagub Emil Dardak menitipkan salam persaudaraan dari Jawa Timur kepada masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, melalui jejaring KOSTI yang berada di seluruh
Indonesia, kegiatan ngontel atau bersepeda bukan sekedar hobi, namun juga momen membangun
seduluran atau pertemanan seluas-luasnya.

“Salah satu upaya menyatukan nusantara adalah dengan ngontel ini. Bawalah nama baik Jatim, bawa
jiwa persaudaraan dari Jatim, bahwa jatim ingin seduluran dengan se indonesia,” pesan Emil Dardak.

Lebih lanjut, Wagub Emil menyebut bahwa keberadaan Komunitas semacam KOSTI sangatlah diperlukan. Ngontel menurutnya, selain pengalaman membangun pertemanan, tetapi juga membangkitkan kenangan.

“Pemprov Jatim tentu senang, saat komunitas-komunitas semacam ini membuat suasana jadi adem tentram. Janganlah kita bermusuhan. Bawalah semangat seduluran, semangat kebudayaan
digelorakan,” kata Wagub Emil.

Di akhir, Wagub Emil menyampaikan apresiasi penuh atas kegiatan yang dapat mendukung Pemerintah dalam menjaga Kebugaran Masyarakat, melestarikan seni dan budaya serta menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air dan bangsa.

“Kegiatan ini juga membuktikan, KOSTI tidak sekedar berkumpul-kumpul. Tetapi bisa lebih memberikan
manfaat kepada masyarakat dan lingkungan,” ucapnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada sejuta saudara ‘ontelis dan ontelista’ , apalagi kostum dan atribut
Majapahit, Laskar Gajah Mada, dengan semangat Sumpah Palapa menyatukan Nusantara,” pungkasnya.

Sementara itu, rombongan pesepeda ontel asal Jatim ini akan melakukan Kirab Budaya dari Surabaya menuju Sanur, Bali. Rencananya rombongan akan melewati rute, Surabaya – Sidoarjo – Pasuruan – Probolinggo – Situbondo – Banyuwangi – Sanur, Denpasar Bali dengan total jarak tempuh 417 Km.

Baca Juga :  Strategi Pemprov Jatim Kendalikan Inflasi Jelang Ramadan dan Idul Fitri 2024

Perjalanan akan ditempuh dalam kurun waktu tujuh hari, untuk kemudian peserta akan menghadiri peringatan HUT KOSTI Bali pada 9 September 2023 mendatang. Selain itu, Kirab Budaya ini juga diadakan dalam rangka peringatan HUT RI Ke-78.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua KOSTI Pusat Purnomo Sugeng Raharjo, Ketua Dewan Penasehat KOSTI Bambang Waluyojati, Ketua KOSTI Jatim H. Achmad Anshori, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Hudiono serta jajaran OPD Pemprov Jatim terkait. (bkj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.