Lebih Ekonomis Pakai Gas Bumi, Cara Kafe Truntum Sajikan Kuliner untuk Festival Balkonjazz 2022

oleh -17 Dilihat

KILASJATIM.COM, MAGELANG: Ada yang berbeda dalam penyajian aneka kuliner yang ada Kafe Truntum Gas Block Balkondes PGN Karangrejo. Kafe atau restoran yang biasanya memasak menggunakan LPG namun di Kafe Truntum semua aktivitas memasak menggunakan gas bumi dari PGN.

Adapun memasak menggunakan gas bumi dilakukan Kafe Truntum untuk menyajikan aneka kuliner untuk Festival Balkonjazz 2022.

Memasak menggunakan gas bumi terbukti lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan LPG.

Yurien Angraini, Floor Supervisor Kafe Truntum Jumat (13/5/2022) menuturkan model memasak menggunakan meteran seperti PDAM.

“Kalau di Kafe Truntum 2 bulan masih free kami baru buka tanggal 4 April 2022. Berkemungkinan perbulan menghabiskan Rp 400 hingga Rp500 ribu. Namun anggaran ini sangat efektif dan efisien mengingat tamu kami banyak dan jika memakai LPG pasti biaya lebih membengkak,” jelasnya.

Ia yang sehari-hari dirumah juga menggunakan gas bumi mengaku juga sangat irit.

“Tiap bulan saya hanya membayar Rp60 ribu untuk sebulan padahal keluarga kami banyak memasak,” jelasnya lagi.

Ia menjelaskan memakai gas bumi hanya pakai dan jelas efisiensi. Tidak harus membeli tabung gas, memasang gas dan tidak akan pernah kehabisan

Sebelumnya diinformasikan desa di sekitar Borobudur ada sebanyak 22 desa dan semua ada Balkondes. Masing-masing Balkondes didampingi oleh BUMN. Sementara Karangrejo didampingi PGN.

Kolaborasi PGN dengan Balkondes Karangrejo diwujudkan dengan pembangunan pipa gas sepanjang 3.900 meter untuk melayani 204 sambungan jaringan gas bumi rumah tangga warga sekitar Balkondes.

Selanjutnya gas bumi juga digunakan untuk water heater homestay Balkondes, meja obor beberapa lokasi dan obor api di beberapa titik.

Pada tahun 2021 walaupun selama 1 tahun itu tutup sekitar 4 bulan karena pandemi namun masih memberikan PAD kepada pemerintah desa itu sebesar Rp.184 juta.

Kafe Truntum memiliki total 30 pegawai dengan 90 persen SDM asli pemuda dan warga Karangrejo.

Menu-menu yang akan disajikan di Kafe Truntum saat acara Balkonjazz Festival 2022 di antaranya ada minuman Saorsi yang terbuat dari Teh Telang dan madu, Pandan Grass yang terdiri dari minuman segar Daun Pandan dan Jeruk Lemon.

Untuk makanan  ada Lodeh Salmon dengan ikan Salmon yang diambil dari Norwegia. kj4

No More Posts Available.

No more pages to load.