Kunjungan Meningkat, PLN Peduli Fasilitasi Pemuda Sidomulyo Garap Desa Wisata

oleh

PLN Peduli hadir dan membersamai perjalanan Desa Wisata Sidomulyo. Paket wisata yang ditawarkan dari Desa Wisata Sidomulyo yakni jelajah alam Sidomulyo, gowes sepeda lintas alam, rumah batik, kerajinan akar kayu, wisata kebudayaan, galeri produk unggulan, pusat pengelolaan kopi robusta, peternakan raja domba, dan Sendang Tirto Gumitir

KILASJATIM.COM, Jember – Sebagai upaya wujud komitmen hadir dan peka terhadap permasalahan lingkungan dan sosial masyarakat, PLN Peduli fasilitasi warga lokal garap Desa Wisata Sidomulyo. Terletak di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember sekitar 30 kilometer dari pusat kota Jember, Desa Wisata Sidomulyo ini menyuguhkan panorama asri pedesaan lereng Gunung Gumitir dengan kerindangan hutan pinus di kanan dan kiri.

Berlatar belakang alam yang asri, warisan budaya yang kental dan semangat tinggi dari pemuda Sidomulyo, pada tahun 2018, PLN Peduli hadir dan membersamai perjalanan Desa Wisata Sidomulyo. Paket wisata yang ditawarkan dari Desa Wisata Sidomulyo yakni jelajah alam Sidomulyo, gowes sepeda lintas alam, rumah batik, kerajinan akar kayu, wisata kebudayaan, galeri produk unggulan, pusat pengelolaan kopi robusta, peternakan raja domba, dan Sendang Tirto Gumitir.

Merasakan manfaat positif, Ketua Gerakan Pemuda, Kamiludin menyatakan sejak berkembangnya Desa Wisata Sidomulyo arus urbanisasi berkurang, peningkatan perekonomian dengan peluang usaha ekonomi kreatif dan kelestarian alam terjaga.

“Terima kasih atas dukungan dari PLN Peduli kepada Desa Sidomulyo sehingga kami bisa mewujudkan Desa Wisata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sejak awal pendampingan hingga saat ini,”

Semakin berkembangnya fasilitas dan titik wisata menjadikan pengunjung semakin meningkat. Total pengunjung pada 2018 sebanyak 2201, sementara pada tahun 2019 menjadi 2566 atau mengalami peningkatan sebesar 16,5%.

Kamiludin menambahkan jumlah pendapatan dari semula 65 juta menjadi 69,3 juta naik sebesar 5,8% dengan jumlah masyarakat yang diberdayakan hingga Agustus 2021 sebanyak 389 orang naik drastis dibanding tahun 2018 yakni 295 orang.

Salah satu pengrajin batik, Puput menyampaikan kegembiraannya dengan pendampingan PLN kini ia bersama rekan-rekannya memiliki kegiatan dan usaha baru membatik, motif batik khas Sidomulyo juga sudah mulai diperkenalkan secara kyas menjadi motif batik khas daerah.

Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN UID Jawa Timur, A Rasyid Naja menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian dan keberhasilan warga Sidomulyo. “Semangat juang dan kreativitas tinggi lah yang menjadikan Deswita Sidomulyo menjadi besar seperti sekarang, PLN Peduli akan terus hadir dan peka terhadap kebutuhan masyarakat utamanya mewujudkan kemandirian dan peningkatan ekonomi. Kedepannya kami pun akan selalu hadir mensupport kebutuhan masyarakat dan tumbuh bersama,” jelas Rasyid.

Mengapresiasi positif kiprah PLN, Bupati Jember, Hendy Siswanto menyampaikan rasa terima kasihnya.

“Program PLN Peduli ini untuk Desa Sidomulyo membantu masyarakat desa menjadi lebih berdaya dan mandiri secara ekonomi. Ini sangat dibutuhkan masyarakat dan mendukung pemerataan ekonomi daerah,” pungkasnya. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *