KPMD/K Diharapkan Mampu Menggerakkan Prakarsa, Partisipasi dan Swadaya Gotong Royong Masyarakat

oleh
Asisten Pemerintahan Setda Lumajang, Imam Suryadi membuka Pembinaan KPMD/K se-Kabupaten Lumajang,

KILASJATIM.COM, Lumajang – Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (KPMD/K) sebagai mitra sekaligus fasilitator Pemerintah Desa/Kelurahan yang diharapkan mampu menggerakkan prakarsa, partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat dalam pembangunan desa/kelurahan.

“Panjenengan mempunyai peran yang strategis, sebagai mitra dan fasilitator untuk menggerakkan partisipasi swadaya dan gotong royong pembangunan,” ujar Asisten Pemerintahan Setda Lumajang, Imam Suryadi membuka Pembinaan KPMD/K se-Kabupaten Lumajang di Gedung Kesenian Sudjono Lumajang, Senin (11/11/2019).

Imam Suryadi menjelaskan bahwa KPMD/K berfungsi untuk mengumpulkan, menampung, menindaklanjuti semua data, informasi maupun aspirasi untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan pembangunan. Serta memfasilitasi musyawarah perencanaan pembangunan dalam rangka penyusunan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) di Desa dan Kelurahan maupun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa dan Kelurahan.

Imam Suryadi berharap kehadiran KPMD/K dapat menjadi pelopor pemberdayaan masyarakat dalam rangka menggerakkan pembangunan di Desa dan Kelurahan.

BACA JUGA: Pemkab Lumajang Tetap Prioritas Peningkatan IPM dalam RAPBD TA 2020  

“KPM Desa maupun Kelurahan sebagai kaderisasi pemimpin dan pioneer yang diharapkan dapat memberdayakan potensi lokal melalui penumbuhan kewirausahaan mandiri terutama di kalangan kawula muda harus mampu bekerja dan mengabdi di Desa/Kelurahan masing-masing, dalam rangka mengatasi pengangguran dan tingkat urbanisasi yang tinggi karena ketiadaan lapangan kerja di Desa dan Kelurahan,” harapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Samsul Arifin menjelaskan bahwa Tugas dari KPMD/K yaitu mampu memfasilitasi pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan melalui proses pendampingan maupun pendekatan kepeloporan agar tergugah untuk mendayagunakan segenap potensi yang ada secara mandiri.

Samsul Arifin melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh KPMD/K se-Kabupaten Lumajang yang berjumlah 410 orang. (*/kominfo/kj21)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *