Korban Kerusuhan Suporter Sepak Bola Kota Blitar Bersyukur Terima Bantuan Dari Pemprov Jatim

oleh -1.062 views
Jonathan Judianto, Kepala Bakesbangpol dan PBD Jawa Timur.

KILASJATIM.COM, Blitar – Bantuan untuk masyarakat korban kerusuhan suporter sepak bola, diserahkan Senin malam (2/03/2020) di ruang Sasana Praja, Kantor Wali Kota Blitar. Acara ini dihadiri Bakesbangpol dan PBD Jawa Timur, Sekretaris Daerah Kota Blitar, Kapolres Blitar Kota, Dandim 0808, dan beberapa kepala OPD lainnya.

Dikonfirmasi di sela-sela kegiatan, Jonathan Judianto, Kepala Bakesbangpol dan PBD Jawa Timur mengatakan, pendataan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Blitar telah diverifikasi. Pihaknya menyebut bantuan yang disalurkan secara keseluruhan senilai 176 juta lebih. Diperuntukkan bagi 60 korban kerusuhan dari beberapa kelurahan.

Misalnya Kelurahan Kauman, total yang diterima sebanyak 6,3 juta rupiah, untuk mengganti kerugian warung yang tidak dibayar, serta bangunan dan genteng yang dirusak. Untuk area persawahan yang rusak karena diinjak-injak, terdapat 25 penerima dengan total bantuan 51 juta rupiah. Sedangkan untuk kerusakan 13 motor, Pemrov Jatim menyalurkan bantuan senilai 85 juta rupiah. Untuk penerimaannya, bekerjasama dengan kepolisian, karena harus melalui beberapa tahapan verfikiasi.

“Ini hanya dalam bentuk bantuan, bukan ganti rugi, jadi mungkin bantuan yang diserahkan tidak sebesar kerugian yang dialami, tapi semoga bermanfaatn dan meringankan beban masyarakat,” jelas Jonathan.

BACA JUGA: Pemkot Blitar Salurkan Bantuan Ganti Rugi Kerusuhan Supporter Sepak Bola

Kusnul Hidayah, salah satu korban yang warungnya dijarah mengaku, bersyukur karena mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi. Padahal saat warungnya dijarah, Kusnul mengaku ikhlas dan menganggap itu bukan rejeki. Kusnul menyebut kerugian yang ia alami sekitar 1,8 juta rupiah. Bantuan yang ia terima secepatnya akan dimanfaatkan untuk modal jualan.

“Kemarin itu pas saya mau buka warung, tiba-tiba ada laki-laki datang tanya rokok, setelah saya jawab malah dibawa pergi tanpa bayar. Setelah itu disusul teman-temannya yang lain, ambil roti, kerupuk, dan jajanan ringan,” ujar Kusnul.

Dalam kesempatan ini, Rudy Wijonarko-Sekda Kota Blitar juga menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Jawa Timur atas perhatiannya melalui bantuan yang telah disalurkan. Begitu juga pada aparat keamanan TNI-Polri, yang bekerja keras pada laga semi final Piala Gubernur 2020 baik sebelum atau sesudah pertandingan. (hms/kj20)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.