Kongres Anak Jadi Media untuk Atasi Permasalahan Anak Di Lumajang  

oleh -146 Dilihat
Kongres Anak Kabupaten Lumajang Tahun 2019, bertempat di Ruang Graha Negara Bakti Kantor BKD Lumajang, Kamis (21/11/2019).

KILASJATIM.COM, Lumajang – Wakil Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (PPT-PPA) Kabupaten Lumajang, Rahayu Agus Triyono mengharapkan, agar kongres anak dapat dijadikan sebagai media untuk mengatasi permasalahan terkait anak di Kabupaten Lumajang.

“Kami harap, dengan adanya kongres anak yang menjadi tempat berkumpul, duduk bersama dan berdiskusi, maka nantinya bisa memberikan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh anak-anak,” katanya saat membuka kegiatan Kongres Anak Kabupaten Lumajang Tahun 2019, bertempat di Ruang Graha Negara Bakti Kantor BKD Lumajang, Kamis (21/11/2019).

Rahayu juga mengatakan, bahwa kongres anak tujuannya adalah untuk memberikan pembelajaran dan memfasilitasi hak partisipasi anak untuk dapat mengeluarkan ide, gagasan, dan suaranya terkait persoalan dan kebutuhan hak-hak dasarnya sebagai seorang anak.

Menurutnya, hal tersebut telah sesuai dengan implementasi dari UU Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, yang menyebutkan bahwa setiap anak berhak menyatakan dan didengar pendapatnya. Menerima, mencari dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usahanya, demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.

BACA JUGA: Ratusan Masyarakat Godril Lumajangan Bareng Bupati dan Wabup  

“Kami juga berharap, kongres anak bukan hanya dijadikan sebagai ajang silaturahim forum anak saja, tetapi dapat mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan anak di Lumajang, sehingga nantinya dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan/program pemenuhan hak dan perlindungan anak,” harapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Disdalduk KB dan PP Kabupaten Lumajang, Gator Arief Hartanto dalam laporannya menyampaikan, bahwa Forum Anak Kabupaten Lumajang selama ini telah berkarya dan melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran akan hak-hak anak di Lumajang.

Lanjut dia, sejalan dengan arah perjuangan Forum Anak dalam mewujudkan Lumajang sebagai Kabupaten Layak Anak, Pemkab Lumajang aka terus berupaya untuk meningkatkan peran dan partisipasi anak dalam mencapainya.

“Kongres Anak ini dihadiri oleh sekitar 150 orang, dan yang menjadi sasaran kami adalah semua anak di Lumajang, seperti Forum Anak, Lintas sektor terkait, pelajar SMP maupun SMA sederajat, serta Anjal (Anak Jalanan, red),” pungkasnya. (kominfo/kj16)

No More Posts Available.

No more pages to load.