Kolaborasi PLN – Dinas ESDM Jawa Timur Sambung 713 Listrik Gratis untuk Rumah Tangga Prasejahtera di Situbondo

oleh -280 views

Manager PLN UP3 Situbondo, Mochamad Abdul Basyid Nurul Fauzi serahkan langsung donasi bantuan sambung listrik gratis untuk 443 masyarakat pra sejahtera di Situbondo kepada Bupati Situbondo, Karna Suswandi

KILASJATIM.COM, Situbondo – Penghujung tahun 2021, PLN UID Jawa Timur dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur berkolaborasi gencarkan elektrifikasi di Jawa Timur. Manager PLN UP3 Situbondo, Mochamad Abdul Basyid Nurul Fauzi serahkan langsung donasi bantuan sambung listrik gratis untuk 443 masyarakat pra sejahtera di Situbondo kepada Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa serta Kadis ESDM Provinsi Jawa Timur, Nurkholis.

Penyerahan donasi diawali dengan kampanye electrifying lifestyle berkendara dengan 100 motor listrik menuju lokasi penyalaan di Desa Perante, Kecamatan Asembagus.

“Total telah ada 713 sambung listrik gratis di Situbondo yang merupakan kolaborasi dari PLN dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, yang mana PLN sebanyak 443 sambungan dari Donasi PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) dan Dinas ESDM sebanyak 270 sambungan. Secara total pada tahun 2021, PLN memberikan sambung listrik gratis yang berasal dari program PLN Mobile VCRR sebanyak 3100 dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur sebanyak 1500 sambungan di Jawa Timur,” papar Manager PLN UP3 Situbondo, Mochamad Abdul Basyid Nurul Fauzi.

Basyid menambahkan saat ini Rasio Elektrifikasi di Kabupaten Situbondo 97,68%. Ia berharap dengan adanya bantuan listrik gratis ini semakin banyak warga Situbondo yang menerima energi listrik untuk mendukung kebutuhan sehari-hari serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Mengapresiasi positif kolaborasi PLN dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Khofifah berharap elektrifikasi untuk seluruh masyarakat pra sejahtera di Jawa Timur dapat meningkatan perekonomian warga.

“Yang sebelumnya tidak bisa mengakses listrik, sekarang sudah mendapat bantuan listrik gratis semoga kebutuhan sehari-hari yang membutuhkan listrik menjadi lebih mudah dan perekonomiannya kian meningkat,” terang Khofifah.

Senada, Kadis ESDM Provinsi Jawa Timur, Nurkholis menyatakan sepanjang tahun 2021 Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur dan PLN konsisten menjalin kolaborasi yang berfokus pada peningkatan elektrifikasi dan persoalan kelistrikan lainnya.

PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN dengan mengangkat tema “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku”, sebagai serangkaian peringatan Hari Listrik Nasional ke-76. Setiap kilometer lari akan dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp.40.000,- dan sepeda sebesar Rp.36.000,- PLN Mobile VCRR 2021 telah diikuti 1.387 peserta di Jawa Timur dan nominal yang terkumpul telah mencapai Rp1.087.349.960,-. Dana tersebut lah yang digunakan untuk donasi sambung listrik gratis sebanyak 3100 sambungan di Jawa Timur.

Pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Salah satu penerima bantuan, Fatimah yang berprofesi sebagai pedagang kecil menyampaikan rasa bahagia dan syukur atas bantuan listrik gratis yang diberikan.

“Seneng sekali, sudah puluhan tahun saya menyalur sekarang punya listrik sendiri, sangat bermanfaat, sekarang sudah terang kalau malam, terimakasih PLN dan pemerintah,”tuturnya.

Pada kesempatan kali ini, PLN UID Jawa Timur juga hadir bersama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN untuk menyalurkan zakat pegawai PLN kepada yang berhak.

“Kali ini akan menyalurkan bantuan berupa 125 paket sembako senilai 31,25 juta rupiah dan bantuan bedah rumah dhuafa sebanyak 3 unit. Sebelumnya, YBM PLN telah menyalurkan bantuan senilai Rp.157.990.520,- untuk PLN VCRR 2021 berupa bedah rumah, musholla dan paket sembako. Adapula bantuan Program Peduli Instalasi Listrik di Jawa Timur menyalurkan bantuan senilai Rp. 226.964.139 untuk memberikan bantuan instalasi listrik di rumah warga yang tidak mampu,” papar Basyid. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.